MAKALAH RENCANA USAHA PENJUALAN TANAMAN HIAS

asd

Tanaman Hias
Supplier Tanaman Hias merupakan salah satu aplikasi penjual tanaman hias secara online. Aplikasi ini  dibuat dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam menyediakan berbagai jenis tanaman hias.

Tanaman Hias Bunga Mawar

Tanaman Hias Bunga Krisan






A. Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi memang telah menjadi kebutuhan dihampir semua aspek kehidupan, hal ini ditandai dengan berkembangnya penggunaan komputer dan internet di berbagai bidang, seiring dengan berjalannya waktu, peradaban manusia yang semakin tinggi serta teknologi yang terus berkembang menuntut kita untuk terus maju. Salah satunya adalah dalam bidang perdagangan. Teknologi yang canggih ini memungkinkan kita untuk menembus batas jarak, ruang dan waktu. Terobosan ini membuat kita dapat melakukan bisnis melalui dunia internet. Salah satu contoh adalah penjualan produk secara online melalui internet.
Hingga saat ini ada banyak situs-situs yang menyediakan jasa penjualan secara online, seperti zalora.com, berniaga.com, olx.co.id, kutubuku.com, dan sebagainya. Dalam bisnis ini, dukungan dan pelayanan terhadap konsumen menggunakan website, e-mail, BlackBerry Messenger, Facebook, dsb. Dan dalam perkembangan zaman saat ini, fenomena jual beli online ini sangat menjamur di tengah-tengah kehidupan kita sehari-hari.
E-commerce merupakan sistem baru bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan teknologi agar lebih efektif dan efisien dalam bertransaksi secara online dengan website sebagai medianya. E-commerce bukan sekedar mekanisme menjual barang atau jasa tapi merupakan transformasi bisnis yang mengubah cara perusahaan dalam melakukan aktifitasnya misalnya dalam bidang pertanian.Salah satu srategi yang dapat meningkatkan penghasilan adalah melalui internet. Melalui jaringan internet para pelaku bisnis dapat melakukan transaksi bisnisnya secara online kapanpun dan dimanapun.
Keuntungan melakukan transaksi dari jaringan internet diantaranya hemat waktu, hemat tenaga dan hemat biaya. Oleh karena itu keuntungan inilah maka pengguna bisnis online diyakini akan terus berkembang baik dari segi jangkauan maupun pemakaiannya.
Melihat permasalahan tersebut, penulis mencoba membangun sebuah toko online berbasis web dengan nama Supplier Tanaman Hias yang menjual berbagai macam tanaman hias. Dengan adanya toko online berbasis web ini diharapkan dapat memberikan kemudahan khususnya bagi para pecinta tanaman hias.


B. Potensi Pasar
Tanaman hias tentu akan membuat setiap yang memandangnya akan suka dan bahagia. Daya tarik tanaman hias memang terpikat akan keindahan yang disuguhkannya. Hampir di tiap-tiap rumah selalu dipenuhi tanaman hias agar yang menghuninya kerasan dan betah. Keindahan rumah memang akan terasa lengkap dengan adanya tanaman hias. Tanaman hias sendiri mencakup semua tumbuhan baik berupa pohon, merambat, terna, perdu atau semak.  Jumlah pecinta tanaman hias memang jumlahnya sangat meningkat dari waktu ke waktu. Sepertihalnya di Indonesia yang dari ke hari banyak yang mencari tanaman hias. Hal inipun menjadikan peluang usaha tanaman hias menjadi sangat cemerlang. Bisnis tanaman hias memang bukan jenis baru namun bisnis ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Usaha tanaman hias bukanlah jenis bisnis baru namun bisnis ini hingga kini semakin berkembang dan laba yang di dapatkan makin besar. Makin banyaknya rumah-rumah penduduk dan juga taman kota membuat permintaan tanaman hias kian tinggi.
C. Strategi Pemasaran Online
Dalam membangun usaha bisnis pastilah dibutuhkan suatu produk/jasa yang ditawarkan. Selain itu dibutuhkan juga pelanggan yang menggunakan produk/jasa kita. Namun bagaimana cara atau strategi kita agar bisnis kita mendapat pelanggan yang banyak. Untuk  itu, pertama-tama kita membutuhkan tips pemasaran bisnis online yang efektif dan efisien yaitu dengan menggunakan strategi sebagai berikut :
a) Tentukan target pasar, pertama-tama hal yang dapat kita lakukan yaitu menentukan target dari produk/jasa kita.
b) Membangun/membuat website, langkah kedua yaitu kita bisa membangun website, sehingga pelanggan tidak hanya mengenal toko kita secara langsung tapi secara online juga.
c) Membuat rencana pemasaran, setelah memiliki website pikirkan bagaimana cara harus dilakukan agar website kita diketahui oleh orang banyak.
d) Menggunakan jasa digital marketing, untuk masalah pemasaran online kita bisa menggunakan jasa marketing.
1.      Jenis E-Commerce yang akan digunakan adalah Buisness-to-Consumer (B2C)
B2C adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir. B2C adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung  kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum.

2.      Kanal Pemasaran
Untuk kanal pemasaran itu sendiri kita dapat memasarkannya secara langsung, menjual produk langsung dari produen ke pengguna akhir, atau konsumen.

3.      Media Pemasaran
Untuk media pemasarannya kita bisa menggunakan cara seperti:
Melalui media cetak : brosur, pamphlet.
Melalui media elektronik : Internet, seperti penggunaan media sosial yaitu: WA, FB, INSTAGRAM, TWITTER, TOKOPEDIA dan lain lain.
Melalui media sales promotion : menawarkan langsung pada konsumen, pendekatan dengan konsumen.

4.      Promosi yang Disiapkan
Untuk mempromosikan produk adalah dengan menggunakan melalui media cetak seperti brosur dan pamphlet, melaui media elektronik seperti internet (media sosial), dan melalui media sales promotion yaitu menawarkan langsung pada konsumen, pendekatan dengan konsumen.


Tanaman Hias lainnya :

Tanaman Hias Bunga Bougenvill


Tanaman Hias Bunga Krokot






Post Title : MAKALAH RENCANA USAHA PENJUALAN TANAMAN HIAS

MAKALAH RENCANA USAHA PENJUALAN TANAMAN HIAS,

MAKALAH RENCANA USAHA PENJUALAN TANAMAN HIAS

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Categories

Label

ab 123 (2) agakara (1) Agribisnis (9) AIK (4) bab 1 pendahuluan (1) bab 3 dalam penelitian (1) bab 3 dalam proposal (1) Bahasa Indonesia (5) Bahasa Jawa (1) budidaya (1) bunga mawar (2) cabai hijau (1) cabai rawit (1) cabe hijau (1) cabe rawit (1) cara membuat proposal (1) cara membuat skripsi (1) cara tanam (1) cilantro (1) contoh bab 123 proposal (1) contoh bab 123 skripsi (2) contoh bab 2 dalam KTI (1) contoh bab 2 dalam makalah (1) contoh bab 2 dalam proposal (1) contoh bab 2 dalam skripsi (1) contoh bab 2 landasan teori (1) contoh bab 3 metode penelitian (1) contoh proposal (1) contoh skripsi (1) coriander (1) filsafat (1) geografi (1) hipotesis (1) IPA (1) ips (1) ÏPS (2) jenis sayuran (5) jurnal teori konflik (1) kajian kritis (1) kajian teori (1) kampus (1) karya ilmiah (1) Kewarganegaraan (1) Kewirausahaan (2) kkn (1) konflik pekerjaan keluarga (1) konsep dasar geografi (1) kualitatif (1) Kuisoner (2) labu duri (1) labu ular (1) latihan kata (1) Local Business (1) lombok hijau (1) magang (1) makalah (1) makalah geografi (1) Manajemen (3) MATEMATIKA (7) metode kuantitatif (1) metodologi penelitian (1) obat herbal (1) PAI Prodi (1) pancasila (1) panduan menanam (1) panduan proposal (1) panduan skripsi (1) PBSI (1) penelitian (1) perawatan tubuh (1) pertanian (1) pgsd (2) pohon kelor (1) ppl (1) Proposal Penelitian (1) Psikologi (3) RPP (3) RPS (1) sayuran kebun (6) Skripsi (2) soal ips dan jawaban (1) sopistikasi (1) submateri (1) surat biodata (1) surat domisili (1) surat ijin orang tua (1) surat ijin polisi (1) surat keterangan bersih diri (1) surat keterangan miskin (1) surat pernyataan miskin (1) tanaman bit (1) tanaman gambas (1) tanaman herbal (1) tanaman hias (4) tanaman kelor (1) tanaman ketumbar (1) tanaman labu (2) tanaman musim kemarau (1) tanaman oyong (1) tanaman terong (1) tanaman toga (1) tanaman tropis (1) teks anekdot (1) teori konflik (1) tips berkebun (6) tips bertanam (5) tugas akhir (1) tugas individu (1)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel