MAKALAH RENCANA USAHA PENJUALAN TANAMAN HIAS
Tanaman Hias
Supplier Tanaman Hias merupakan salah satu aplikasi
penjual tanaman hias secara
online. Aplikasi ini dibuat dengan
tujuan untuk membantu masyarakat dalam
menyediakan berbagai jenis tanaman hias.
Tanaman Hias Bunga Mawar
Tanaman Hias Bunga Krisan
A. Latar
Belakang
Perkembangan teknologi informasi memang telah menjadi
kebutuhan dihampir semua aspek kehidupan, hal ini ditandai dengan berkembangnya
penggunaan komputer dan internet di berbagai bidang, seiring dengan berjalannya
waktu, peradaban manusia yang semakin tinggi serta teknologi yang terus
berkembang menuntut kita untuk terus maju. Salah satunya adalah dalam bidang
perdagangan. Teknologi yang canggih ini memungkinkan kita untuk menembus batas
jarak, ruang dan waktu. Terobosan ini membuat kita dapat melakukan bisnis
melalui dunia internet. Salah satu contoh adalah penjualan produk secara online
melalui internet.
Hingga saat ini ada banyak situs-situs yang menyediakan jasa
penjualan secara online, seperti zalora.com, berniaga.com, olx.co.id,
kutubuku.com, dan sebagainya. Dalam bisnis ini, dukungan dan pelayanan terhadap
konsumen menggunakan website, e-mail, BlackBerry Messenger, Facebook, dsb. Dan
dalam perkembangan zaman saat ini, fenomena jual beli online ini sangat
menjamur di tengah-tengah kehidupan kita sehari-hari.
E-commerce merupakan sistem baru bagi pelaku bisnis untuk
memanfaatkan teknologi agar lebih efektif dan efisien dalam bertransaksi secara
online dengan website sebagai medianya. E-commerce bukan sekedar mekanisme
menjual barang atau jasa tapi merupakan transformasi bisnis yang mengubah cara
perusahaan dalam melakukan aktifitasnya misalnya dalam bidang pertanian.Salah
satu srategi yang dapat meningkatkan penghasilan adalah melalui internet.
Melalui jaringan internet para pelaku bisnis dapat melakukan transaksi
bisnisnya secara online kapanpun dan dimanapun.
Keuntungan melakukan transaksi dari jaringan internet
diantaranya hemat waktu, hemat tenaga dan hemat biaya. Oleh karena itu
keuntungan inilah maka pengguna bisnis online diyakini akan terus berkembang baik dari segi
jangkauan maupun pemakaiannya.
Melihat permasalahan tersebut, penulis mencoba membangun
sebuah toko online berbasis web dengan nama
Supplier
Tanaman Hias yang menjual
berbagai macam tanaman hias. Dengan adanya toko online berbasis web ini diharapkan dapat memberikan
kemudahan khususnya bagi para pecinta tanaman hias.
B. Potensi Pasar
Tanaman hias tentu akan membuat setiap yang memandangnya
akan suka dan bahagia. Daya tarik tanaman hias memang terpikat akan keindahan
yang disuguhkannya. Hampir di tiap-tiap rumah selalu dipenuhi tanaman hias agar
yang menghuninya kerasan dan betah. Keindahan rumah memang akan terasa lengkap
dengan adanya tanaman hias. Tanaman hias sendiri mencakup semua tumbuhan baik
berupa pohon, merambat, terna, perdu atau semak. Jumlah pecinta tanaman hias memang jumlahnya
sangat meningkat dari waktu ke waktu. Sepertihalnya di Indonesia yang dari ke
hari banyak yang mencari tanaman hias. Hal inipun menjadikan peluang usaha
tanaman hias menjadi sangat cemerlang. Bisnis tanaman hias memang bukan jenis
baru namun bisnis ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Usaha tanaman
hias bukanlah jenis bisnis baru namun bisnis ini hingga kini semakin berkembang
dan laba yang di dapatkan makin besar. Makin banyaknya rumah-rumah penduduk dan
juga taman kota membuat permintaan tanaman hias kian tinggi.
C. Strategi Pemasaran Online
Dalam membangun usaha bisnis pastilah dibutuhkan suatu
produk/jasa yang ditawarkan. Selain itu dibutuhkan juga pelanggan yang
menggunakan produk/jasa kita. Namun bagaimana cara atau strategi kita agar
bisnis kita mendapat pelanggan yang banyak. Untuk itu, pertama-tama kita membutuhkan tips pemasaran
bisnis online yang efektif dan efisien yaitu dengan menggunakan strategi
sebagai berikut :
a) Tentukan target pasar, pertama-tama hal yang dapat
kita lakukan yaitu menentukan target dari produk/jasa kita.
b) Membangun/membuat website, langkah kedua yaitu kita
bisa membangun website, sehingga pelanggan tidak hanya mengenal toko kita
secara langsung tapi secara online juga.
c) Membuat rencana pemasaran, setelah memiliki website
pikirkan bagaimana cara harus dilakukan agar website kita diketahui oleh orang
banyak.
d) Menggunakan jasa digital marketing, untuk masalah
pemasaran online kita bisa menggunakan jasa marketing.
1. Jenis
E-Commerce yang akan digunakan adalah Buisness-to-Consumer (B2C)
B2C
adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir. B2C adalah
kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui
barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat
langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum.
2. Kanal
Pemasaran
Untuk
kanal pemasaran itu sendiri kita dapat memasarkannya secara langsung, menjual
produk langsung dari produen ke pengguna akhir, atau konsumen.
3. Media
Pemasaran
Untuk media
pemasarannya kita bisa menggunakan cara seperti:
Melalui media
cetak : brosur, pamphlet.
Melalui media
elektronik : Internet, seperti penggunaan media sosial yaitu: WA, FB,
INSTAGRAM, TWITTER, TOKOPEDIA dan lain lain.
Melalui media
sales promotion : menawarkan langsung pada konsumen, pendekatan dengan
konsumen.
4. Promosi
yang Disiapkan
Untuk mempromosikan
produk adalah dengan menggunakan melalui media cetak seperti brosur dan
pamphlet, melaui media elektronik seperti internet (media sosial), dan melalui
media sales promotion yaitu menawarkan langsung pada konsumen, pendekatan
dengan konsumen.
Tanaman Hias Bunga Krokot
Post Title :
MAKALAH RENCANA USAHA PENJUALAN TANAMAN HIAS
0 comments
Post a Comment