BIBIT ANGGREK DI BOTOL
BIBIT ANGGREK DI BOTOL
Pembibitan anggrek ini dilakukan dengan persilangan antara indukan
anggrek yang masing-masing memiliki keunggulan. misal : 1 indukan memiliki
kelebihan di warna bunganya dan 1 indukan memiliki kelebihan pada daya
tahannya, sehingga dilakukan persilangan dengan tujuan agar menghasilkan bibit
yang jauh lebih baik. Pembibitan ini dilakukan dengan kultur jaringan,
menjadikan bibit sama dengan induknya, hasil warna bunga bermacam-macam
(ungu, merah, orange, putih, dll).
GAMBAR PRODUK
LATAR BELAKANG
Anggrek merupakan tanaman bunga hias yang bunganya indah. Anggrek
sudah dikenal sejak 200 tahun lalu dan sejak 50 tahun terakhir mulai
dibudidayakan secara luas di Indonesia (Yulianti, 2013). Indonesia memiliki
sekitar 10 ribu spesies anggrek. Kekayaan plasma nutfah ini harus dimanfaatkan
bagi pemuliaan tanaman anggrek. Kegiatan persilangan terus dilakukan untuk
mendapatkan jenis dan kultivar baru sehingga akan semakin meramaikan
produksi dan pemasaran anggrek (Sutiyono, 2009).
Anggrek termasuk famili Orchidaceae. Dalam bahasa Yunani, kata
“Orchid” berasal dari orchis yang berarti testicle atau buah zakar. Famili anggrek
merupakan salah satu kelompok terbesar di antara tumbuhan lainnya di dunia.
Anggrek termasuk keluarga besar dari kelompok (subdivisi) tanaman berbunga
atau berbiji tertutup (angiospermae), kelas tanaman berbiji tunggal
(monocotyledone), ordo Orchidales, dan family Orchidaceae (anggrekanggrekan).
Famili ini dapat dibagi lagi menjadi 5 subfamili, 16 tribe (suku), dan
28 subtribe (subsuku). Menurut para ahli, di dunia ada sekitar 50.000 jenis spesies
anggrek alam yang terhimpun dalam 1.200 genus (induk jenis atau marga).
POTENSI PASAR
Peluang usaha budidaya tanaman anggrek di Indonesia terbilang sangat
menjanjikan. Pasalnya bunga anggrek menjadi primadona tanaman hias terbaik di
Indonesia. Bagi kalangan pecinta tanaman hias memang memelihara tanaman
anggrek menjadi suatu kesenangan tersendiri. Tampilan tanaman anggrek ini
memang cantik dan anggun membuat setiap mata yang memandangnya semakin
tertarik. Tanaman anggrek ini biasa di tanam baik menggunakan pot maupun
dengan di tempel. Cara perawatan tanaman anggrek memang membutuhkan
teknik secara khusus sehingga harga jualnya terbilang tinggi. Tidak heran jika
para pembudidaya tanaman anggrek menikmati hasil keuntungan yang berlimpah
dalam penanamannya.
STRATEGI PEMASARAN ONLINE
1. Jenis E-commerce yang digunakan
Jenis E-commerce yang digunakan adalah Business-to-Consumer
(B2C). B2C adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir.
B2C adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada
konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet
dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah
tercantum. Contoh penerapan jenis E-Commerce B2C adalah Bhinneka,
tokopedia.
2. Kanal Pemasaran
Kanal pemasaran yang digunkaan dalam penjualan bibit anggrek di
botol adalah tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu pusat perbelanjaan
daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia
memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan
mengelola toko daring. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar
Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Dengan visi
"Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia
memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan
Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka
dengan memasarkan produk secara daring.
3. Media Pemsaran
Media Pemasaran yang digunakan adalah dengan menggunakan
media online lainnya, yaitu melalui WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter,
Line dll.
4. Promosi yang disiapkan
Promosi yang digunakan adalah dengan melalui media lain seperti
WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, Line dll. Dan bisa juga dengan cara
memberikan potongan harga apabila pembelian dalam jumlah banyak.
0 comments
Post a Comment