Makalah Agribisnis Go Online
A.
Nama
Produk
Usaha
yang akan saya dirikan adalah berupa aplikasi berjualan online dengan
menyediakan berbagai jenis tanaman hias. Dalam hal penyediaan produk tanaman
dengan mengambil dari supplier. Usaha ini bergerak dalam bidang pertanian,
sedangkan untuk targetnya adalah semua kalangan yang mencintai menanam.
B.
Latar
Belakang
Tanaman
hias merupakan salah satu komoditas potensial yang dapat dikembangkan baik
dalam skala kecil maupun besar terbukti dari semakin tingginya minat masyarakat
terhadap Agribisnis sebagai tanaman hias. Hal ini mendorong meningkatnya jumlah
pelaku usaha tanaman hias. Produk tanaman hias, luas areal dan daerah
pengembangan baru tanaman hias.
Saat
ini didaerah Indonesia khususnya diwilayah perkotaan seperti Daerah Purworejo
mulai terlihat semakin berkurangnya lahan hijau diakibatkan pembangunan kota
yang semakin pesat tanpa mempedulikan lahan hijau. Hal ini berakibat kepada
semakin panasnya suhu didaerah Purworejo. Selain itu, senakin majunya ilmu
pengetahuan dibidang teknologi otomotif, berakibat semakin banyak kendaraan
yang berlalu lalang di wilayah Purworejo Kota. Hal tersebut tentunya
mengakibatkan banyaknya polusi udara yang diakibatkan oleh karbon dioksida
sebagai hasil dari system pembakaran kendaraan bermotor.
Pertumbuhan
dan kualitas tanaman hias tersebut sangat dipengaruhi oleh kadar nutrisi yang
tersedia dalam media tanam dan dapat diserap oleh tanaman. Kekurangan unsur
hara akan menyebabkan hambatan dalam pertumbuhan dan gejala-gejala lain yang
dapat mengganggu kualitas pertumbuhan tanaman dan pada akhirnya menurunkan
penampilan dan kualitan tanaman hias tersebut. Berbagai usaha yang dilakukan
petani untuk meningkatkan produksi dan hasil tanaman hias baik secara
intensifikasi maupun secara ektensifikasi. Salah satu dari dua alternative yang
masih mungkin dilakukan adalah dengan intensifikasi pertanian yaitu dengan
pemupukan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara didalam tanah.
Pemupukan
merupakan factor penting dalam budidaya tanaman terutama dalam budidaya yang
dilakukan secara intensif. Daun dan bunga yang berkualitas tinggi sangat
dipengaruhi oleh pemupukan, nitrogen, dan kalium pada awal pertumbuhan.
Penelitian tanaman hias dilakukan dengan memperhatikan pemberian pupuk dasar
dan lanjutan. Kekurangan salah satu atau beberapa unsur hara akan mengakibatkan
pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal. Sumber unsur hara dapat diperoleh
dari pupuk organic ataupun pupuk an organic.
C.
Potensi
Pasar
Pendiri
usaha Online Shop Tanaman Hias ini terdiri dari 5 pengelola. 1 orang anggota
dari saya memiliki latar belakang orang tua yang bekerja sebagai petani dan 1
orang anggota memiliki relasi yang telah menggeluti usaha ini terlebih dahulu.
Sehingga kami memiliki bayangan terhadap usaha ini dalam hal pengetahuan baik
pengetahuan dalam hal pertanian maupun pengetahuan dalam hal pemasaran.
Secara
umum target pasar yang saya bidik adalah semua kalangan masyarakat Purworejo
yang memiliki hobi menanam tanaman dan juga warga yang sadar akan manfaat
tanaman hias serta pentingnya lingkungan sehat dan indah. Berdasarkan hasil
survey yang saya lakukan, saya memperoleh data bahwa penjualan tanaman hias
mencapai masa keemasan pada tahun 2006 – 2007. Jenis tanaman yang menjadi
primadona pada saat itu ialah jenis tanaman anthurium
dari berbagai varietas. Untuk tahun-tahun sekarang ini jenis tanaman yang
diminati dipasaran online ialah jenis tanaman umum dan jenis tanaman luar.
Jenis tanaman umum ialah jenis tanaman yang harga dipasaran mulai Rp 5000
sampai Rp 50.000 yang relative terjangkau, seperti jenis bunga, palem dan
beberapa jenis lainnya. Sedangkan untuk jenis tanaman luar ialah jenis tanaman
yang ditanam diluar rumah seperti cemara, mahoni dsb.
Berdasarkan
peluang diatas, saya menarik kesimpulan
untuk memfokuskan usaha online yang akan kami jalani pada sector penjualan
tanaman hias jenis umum dan tanaman hias jenis tanaman luar.
D.
Strategi
Pemasaran Online
1.
Jenis
E-commerce yang akan digunakan
Saya akan menggunakan E-commerce
jenis Shopee. Karena marketplace ini sangat dioptimalisasi bagi platform
seluler, khususnya dalam menampilkan harga diskon dan program promosi, dan juga
marketplace shoppe itu menyasar kepada para pengguna gawai seluler.
2.
Kanal
Pemasaran
Menggunakan kanal pemasaran online
ini saya menggunakan kanal Elevenia, karena kanal ini mengkombinasikan online
dan offline. Dan Elevenia sendiri juga sangat memperhatikan sentuhan offline,
elevenia melakukan aktivitasnya seperti edukasi, pemberdayaan konsumen. Kanal
Elevenia ini mampu menampakkan diri diberbagai kanal lainnya, sehingga dapat
membuat orang melihatnya, mulai dari iklan TVC hingga berbagai kanal out of
home (OOH) adversting
3.
Media
Pemasaran
Mengenai hal ini saya akan
menggunakan media pemasaran selain dengan aplikasi yang telah dibuat kami juga
melakukan pemasaran menggunakan media online lainnya berupa Blog. Karena dengan
blog merupakan jalan alternative yang menawarkan setup gratis dan mudah
perawatan. Didalamnya akan memuat mengenai catatan-catatan pribadi yang
disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin
membacanya.
4.
Promosi
yang disiapkan
-Melakukan promosi secara gencar
melalui media seperti selebaran brosur untuk menarik minat konsumen.
- Melakukan masa promosi dengan
memberikan bonus/potongan harga apabila membeli dengan jumlah yang banyak.
-Memberikan service yang
berkualitas kepada konsumen dengan harapan agar mereka puas dan kembali memesan
tanaman dari online shop kami.
Post Title :
Makalah Agribisnis Go Online
0 comments
Post a Comment