Makalah Agribisnis Go Online

asd

A.    Nama Produk
Usaha yang akan saya dirikan adalah berupa aplikasi berjualan online dengan menyediakan berbagai jenis tanaman hias. Dalam hal penyediaan produk tanaman dengan mengambil dari supplier. Usaha ini bergerak dalam bidang pertanian, sedangkan untuk targetnya adalah semua kalangan yang mencintai menanam.

B.     Latar Belakang
Tanaman hias merupakan salah satu komoditas potensial yang dapat dikembangkan baik dalam skala kecil maupun besar terbukti dari semakin tingginya minat masyarakat terhadap Agribisnis sebagai tanaman hias. Hal ini mendorong meningkatnya jumlah pelaku usaha tanaman hias. Produk tanaman hias, luas areal dan daerah pengembangan baru tanaman hias.
Saat ini didaerah Indonesia khususnya diwilayah perkotaan seperti Daerah Purworejo mulai terlihat semakin berkurangnya lahan hijau diakibatkan pembangunan kota yang semakin pesat tanpa mempedulikan lahan hijau. Hal ini berakibat kepada semakin panasnya suhu didaerah Purworejo. Selain itu, senakin majunya ilmu pengetahuan dibidang teknologi otomotif, berakibat semakin banyak kendaraan yang berlalu lalang di wilayah Purworejo Kota. Hal tersebut tentunya mengakibatkan banyaknya polusi udara yang diakibatkan oleh karbon dioksida sebagai hasil dari system pembakaran kendaraan bermotor.
Pertumbuhan dan kualitas tanaman hias tersebut sangat dipengaruhi oleh kadar nutrisi yang tersedia dalam media tanam dan dapat diserap oleh tanaman. Kekurangan unsur hara akan menyebabkan hambatan dalam pertumbuhan dan gejala-gejala lain yang dapat mengganggu kualitas pertumbuhan tanaman dan pada akhirnya menurunkan penampilan dan kualitan tanaman hias tersebut. Berbagai usaha yang dilakukan petani untuk meningkatkan produksi dan hasil tanaman hias baik secara intensifikasi maupun secara ektensifikasi. Salah satu dari dua alternative yang masih mungkin dilakukan adalah dengan intensifikasi pertanian yaitu dengan pemupukan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara didalam tanah.
Pemupukan merupakan factor penting dalam budidaya tanaman terutama dalam budidaya yang dilakukan secara intensif. Daun dan bunga yang berkualitas tinggi sangat dipengaruhi oleh pemupukan, nitrogen, dan kalium pada awal pertumbuhan. Penelitian tanaman hias dilakukan dengan memperhatikan pemberian pupuk dasar dan lanjutan. Kekurangan salah satu atau beberapa unsur hara akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal. Sumber unsur hara dapat diperoleh dari pupuk organic ataupun pupuk an organic.




C.    Potensi Pasar
Pendiri usaha Online Shop Tanaman Hias ini terdiri dari 5 pengelola. 1 orang anggota dari saya memiliki latar belakang orang tua yang bekerja sebagai petani dan 1 orang anggota memiliki relasi yang telah menggeluti usaha ini terlebih dahulu. Sehingga kami memiliki bayangan terhadap usaha ini dalam hal pengetahuan baik pengetahuan dalam hal pertanian maupun pengetahuan dalam hal pemasaran.
Secara umum target pasar yang saya bidik adalah semua kalangan masyarakat Purworejo yang memiliki hobi menanam tanaman dan juga warga yang sadar akan manfaat tanaman hias serta pentingnya lingkungan sehat dan indah. Berdasarkan hasil survey yang saya lakukan, saya memperoleh data bahwa penjualan tanaman hias mencapai masa keemasan pada tahun 2006 – 2007. Jenis tanaman yang menjadi primadona pada saat itu ialah jenis tanaman anthurium dari berbagai varietas. Untuk tahun-tahun sekarang ini jenis tanaman yang diminati dipasaran online ialah jenis tanaman umum dan jenis tanaman luar. Jenis tanaman umum ialah jenis tanaman yang harga dipasaran mulai Rp 5000 sampai Rp 50.000 yang relative terjangkau, seperti jenis bunga, palem dan beberapa jenis lainnya. Sedangkan untuk jenis tanaman luar ialah jenis tanaman yang ditanam diluar rumah seperti cemara, mahoni dsb.
Berdasarkan peluang diatas, saya  menarik kesimpulan untuk memfokuskan usaha online yang akan kami jalani pada sector penjualan tanaman hias jenis umum dan tanaman hias jenis tanaman luar.

D.    Strategi Pemasaran Online
1.      Jenis E-commerce yang akan digunakan
Saya akan menggunakan E-commerce jenis Shopee. Karena marketplace ini sangat dioptimalisasi bagi platform seluler, khususnya dalam menampilkan harga diskon dan program promosi, dan juga marketplace shoppe itu menyasar kepada para pengguna gawai seluler.
2.      Kanal Pemasaran
Menggunakan kanal pemasaran online ini saya menggunakan kanal Elevenia, karena kanal ini mengkombinasikan online dan offline. Dan Elevenia sendiri juga sangat memperhatikan sentuhan offline, elevenia melakukan aktivitasnya seperti edukasi, pemberdayaan konsumen. Kanal Elevenia ini mampu menampakkan diri diberbagai kanal lainnya, sehingga dapat membuat orang melihatnya, mulai dari iklan TVC hingga berbagai kanal out of home (OOH) adversting
3.      Media Pemasaran
Mengenai hal ini saya akan menggunakan media pemasaran selain dengan aplikasi yang telah dibuat kami juga melakukan pemasaran menggunakan media online lainnya berupa Blog. Karena dengan blog merupakan jalan alternative yang menawarkan setup gratis dan mudah perawatan. Didalamnya akan memuat mengenai catatan-catatan pribadi yang disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya.
4.      Promosi yang disiapkan
-Melakukan promosi secara gencar melalui media seperti selebaran brosur untuk menarik minat konsumen.
- Melakukan masa promosi dengan memberikan bonus/potongan harga apabila membeli dengan jumlah yang banyak.
-Memberikan service yang berkualitas kepada konsumen dengan harapan agar mereka puas dan kembali memesan tanaman dari online shop kami.


Post Title : Makalah Agribisnis Go Online

Makalah Agribisnis Go Online,

Makalah Agribisnis Go Online

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Categories

Label

ab 123 (2) agakara (1) Agribisnis (9) AIK (4) bab 1 pendahuluan (1) bab 3 dalam penelitian (1) bab 3 dalam proposal (1) Bahasa Indonesia (5) Bahasa Jawa (1) budidaya (1) bunga mawar (2) cabai hijau (1) cabai rawit (1) cabe hijau (1) cabe rawit (1) cara membuat proposal (1) cara membuat skripsi (1) cara tanam (1) cilantro (1) contoh bab 123 proposal (1) contoh bab 123 skripsi (2) contoh bab 2 dalam KTI (1) contoh bab 2 dalam makalah (1) contoh bab 2 dalam proposal (1) contoh bab 2 dalam skripsi (1) contoh bab 2 landasan teori (1) contoh bab 3 metode penelitian (1) contoh proposal (1) contoh skripsi (1) coriander (1) filsafat (1) geografi (1) hipotesis (1) IPA (1) ips (1) ÏPS (2) jenis sayuran (5) jurnal teori konflik (1) kajian kritis (1) kajian teori (1) kampus (1) karya ilmiah (1) Kewarganegaraan (1) Kewirausahaan (2) kkn (1) konflik pekerjaan keluarga (1) konsep dasar geografi (1) kualitatif (1) Kuisoner (2) labu duri (1) labu ular (1) latihan kata (1) Local Business (1) lombok hijau (1) magang (1) makalah (1) makalah geografi (1) Manajemen (3) MATEMATIKA (7) metode kuantitatif (1) metodologi penelitian (1) obat herbal (1) PAI Prodi (1) pancasila (1) panduan menanam (1) panduan proposal (1) panduan skripsi (1) PBSI (1) penelitian (1) perawatan tubuh (1) pertanian (1) pgsd (2) pohon kelor (1) ppl (1) Proposal Penelitian (1) Psikologi (3) RPP (3) RPS (1) sayuran kebun (6) Skripsi (2) soal ips dan jawaban (1) sopistikasi (1) submateri (1) surat biodata (1) surat domisili (1) surat ijin orang tua (1) surat ijin polisi (1) surat keterangan bersih diri (1) surat keterangan miskin (1) surat pernyataan miskin (1) tanaman bit (1) tanaman gambas (1) tanaman herbal (1) tanaman hias (4) tanaman kelor (1) tanaman ketumbar (1) tanaman labu (2) tanaman musim kemarau (1) tanaman oyong (1) tanaman terong (1) tanaman toga (1) tanaman tropis (1) teks anekdot (1) teori konflik (1) tips berkebun (6) tips bertanam (5) tugas akhir (1) tugas individu (1)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel