Rencana Pembelajaran Semester RPS
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Program Studi
|
:
|
Ilmu Hukum
|
Nama Mata
Kuliah
|
:
|
Pendidikan Pancasila
|
Kode Mata Kuliah
|
:
|
1001209
|
Jumlah
Sks
|
:
|
2
(dua)
Sks
|
Semester
|
:
|
1 (satu)
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
-
|
Dosen Pengampu
|
:
|
Muhammad Zaki Mubarrak, SH., MH.
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini
membahas tentang nilai-nilai dan pengertian Pancasila dan UUD 1945 secara
ilmiah dan lebih mendalam, serta fungsi Pancasila sebagai ideology Negara dan
sebagai pedoman dalam penyelenggaraan Negara. Dalam mata kuliah ini,
Pancasila dan UUD 1945 akan dibahas secara yuridis dan ilmiah sesuai dengan
perkembangan yang aktual dan proses pencapaian tujuan nasional.
|
Capaian Pembelajaran
|
:
|
|
Sikap
|
:
|
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab dan professional atas pekerjaan dibidang keahliannya serta memiliki rasa
kebangsaan dan cinta tanah
air, demokratis yang berkeadaban; menjadi warga Negara yang memiliki daya
saing; berdisiplin; dan berpartisipasi aktif dalam
membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.
|
Pengetahuan
|
:
|
Menguasai secara positif dalam menginterpretasi nilai
-nilai dan pengertian Pancasila dan UUD 1945 secara ilmiah
dan mendalam untuk pengembangan kemampuan berpikir komprehensif integral
mengenai sistem
ketatanegaraan Republik Indonesia dan nilai-nilai
jati diri bangsa sehingga diharapkan dapat tumbuh personal wisdom yang
integratif dalam dimensi kompentensi kewarganegaraan (civic
knowledge, civic skills, civic commitment, civic convidence, dan civic
competence)
|
Keterampilan
|
:
|
Mampu mengaplikasikan secara
konsisten nilai-nilai dasar Pancasila, rasa kebangsaan, dan cinta tanah air
dalam menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan
seni dengan penuh rasa tanggung jawab dan bermoral.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Pert.
Ke-
|
Sub-Capaian
Pembelajaran (Sub-Komp)
|
Bahan
Kajian/Pokok Bahasan
|
Bentuk/Model
Pembelajaran
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bobot Penilaian
(per sub-komp)
|
Waktu
|
Referensi
|
1
|
Orientasi
perkuliahan : mengenal capaian perkuliahan
|
-
RPS
-
Kontrak kuliah
-
System penilaian
|
Curah Gagasan
|
Kesepahaman atas
RPS
|
Sepakat atas RPS
|
Tanya - Jawab
|
-
|
100’
|
RPS
|
2.
|
Mampu Menjelaskan dan memahami kedudukan Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa.
|
Pancasila dalam Kajian
Sejarah Bangsa
Indonesia :
a. Era Pra Kemerdekaan
b. Era Kemerdekaan
c. Era Orde Lama
d. Era Orde Baru
e. Era Reformasi
|
Curah Gagasan
|
Mahasiswa merumuskan dan mengkaji kedudukan Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa.
|
1.
Memahami kedudukan dan eksistensi Pancasila dalam
sejarah perjuangan bangsa.
2.
Menyebutkan fase-fase keberadaan Pancasila dalam sejarah Bangsa
Indonesia.
|
Tanya - Jawab
|
-
|
100’
|
Kaelan, Filsafat Pancasila,
Paradigma, Yogyakarta,
2009.
Mahpudin Noor
& Suparman, Pancasila, Pustaka
Setia, Bandung, 2016.
Kaelan, Liberalisasi Ideologi Negara Pancasila, Paradigma,
Yogyakarta, 2015.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen
Pendidikan Nasional, Materi Ajar Mata
Kuliah Pendidikan Pancasila, Dirjen Dikti, Jakarta 2013.
|
3.
|
Mampu Menjelaskan dan memahami kedudukan Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa. (lanjutan)
|
Pancasila dalam Kajian
Sejarah Bangsa
Indonesia :
a. Era Pra Kemerdekaan
b. Era Kemerdekaan
c. Era Orde Lama
d. Era Orde Baru
e. Era Reformasi
|
PBL
|
Mahasiswa merumuskan dan mengkaji kedudukan Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa.
|
1.
Memahami kedudukan dan eksistensi Pancasila dalam
sejarah perjuangan bangsa.
2.
Menyebutkan fase-fase keberadaan Pancasila dalam sejarah Bangsa
Indonesia.
|
Tanya - Jawab
|
10
|
100’
|
|
4.
|
Memahami dan mampu mengevaluasi kedudukan Pancasila dalam kehidupan bernegara.
|
Pancasila sebagai
dasar negara :
1.
Hubungan
Pancasila dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.
2.
Penjabaran Pancasila dalam Batang Tubuh UUD NRI tahun 1945.
3.
Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang Politik, Ekonomi, sosial Budaya dan Hankam.
|
PBL
|
Mahasiswa mampu
menyimpulkan kedudukan strategis Pancasila dalam ketatanegaraan Indonesia.
|
1.
Mampu menganalisis kedudukan dan eksistensi
Pancasila dalam sistem ketatanegaraan
Indonesia.
2.
Mampu
menganalisas keberadaan Pancasila dalam setiap sektor kenegaraan Indonesia.
|
Tanya - Jawab
|
10
|
100’
|
|
5.
|
Memahami dan mampu mengevaluasi kedudukan Pancasila dalam kehidupan bernegara. (lanjutan)
|
Pancasila sebagai
dasar negara :
1.
Hubungan
Pancasila dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.
2.
Penjabaran Pancasila dalam Batang Tubuh UUD NRI tahun 1945.
3.
Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang Politik, Ekonomi, sosial Budaya dan Hankam.
|
PBL
|
Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan strategis
Pancasila dalam ketatanegaraan Indonesia.
|
1.
Mampu menganalisis kedudukan dan eksistensi
Pancasila dalam sistem ketatanegaraan
Indonesia.
2.
Mampu
menganalisas keberadaan Pancasila dalam setiap sektor kenegaraan Indonesia.
|
Tanya - Jawab
|
10
|
100’
|
|
6.
|
Mampu
menganalisis dan membandingkan Ideologi Luhur Bangsa Indonesia.
|
Pancasila sebagai
Ideologi negara :
a.
Pengertian Ideologi.
b.
Pancasila dan Ideologi Dunia.
c.
Pancasila dan Agama.
|
PBL
|
1.
Mahasiswa mendiskusikan konsep dan keberadaan ideologi dalam suatu negara.
2.
Mahasiswa mampu
membandingkan ideologi Pancasila dan ideologi dunia.
3.
Mahasiswa mendiskusikan kaitan Pancasila dan Agama
|
1.
Merumuskan konsep
sumber hukum ideologi suatu negara.
2.
Membedakan
beberapa konsep ideologi dalam suatu negara..
3.
Menyebutkan beberapa macam ideologi dunia
|
Case Study dan Tes tanya jawab
|
10
|
100’
|
|
7.
|
Mampu
menganalisis dan membandingkan Ideologi Luhur Bangsa Indonesia. (Lanjutan)
|
Pancasila sebagai
Ideologi negara :
a.
Pengertian Ideologi.
b.
Pancasila dan Ideologi Dunia.
c.
Pancasila dan Agama.
|
PBL
|
1.
Mahasiswa mendiskusikan konsep dan keberadaan ideologi dalam suatu negara.
2.
Mahasiswa mampu
membandingkan ideologi Pancasila dan ideologi dunia.
3.
Mahasiswa mendiskusikan kaitan Pancasila dan Agama
|
1.
Merumuskan konsep
sumber hukum ideologi suatu negara.
2.
Membedakan
beberapa konsep ideologi dalam suatu negara.
3.
Menyebutkan beberapa macam ideologi dunia.
|
Tanya - Jawab
|
10
|
100’
|
|
8.
|
Ujian Tengah
Semester (UTS)
|
UTS
|
UTS
|
UTS
|
Tes Tertulis Open
Book
|
10
|
100’
|
||
9.
|
Memahami mengenai filsafat Pancasila.
|
Pancasila sebagai Sistem Filsafat :
a.
Pengertian Filsafat.
b.
Filsafat
Pancasila.
c.
Hakikat Sila-
sila Pancasila.
|
PBL
|
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan mengenai filsafat dan hakikat Pancasila.
|
1.
Memahami falsafah
Pancasila dalan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2.
Memahami dan
menganalisa hakikat dari sila-sila dalam Pancasila.
|
Tanya - Jawab
|
10
|
100’
|
|
10.
|
Memahami mengenai filsafat Pancasila. (Lanjutan)
|
Pancasila sebagai Sistem Filsafat :
a.
Pengertian
Filsafat.
b.
Filsafat
Pancasila.
c.
Hakikat Sila-
sila Pancasila.
|
PBL
|
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan mengenai filsafat dan hakikat Pancasila.
|
1.
Memahami falsafah
Pancasila dalan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Memahami dan menganalisa hakikat dari sila-sila dalam
Pancasila.
|
Tes tanya jawab
|
10
|
100’
|
|
11.
|
Memahami dan
menganalisa Pancasila sebagai Sistem Etika berkehidupan dalam bangsa dan
negara.
|
Pancasila sebagai Sistem Etika :
a.
Pengertian Etika.
b.
Etika Pancasila.
c.
Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi,
kerusakan lingkungan, dekadensi moral, dll.
|
PBL
|
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan mengenai etika Pancasila.
|
1.
Memahami dan
dapat merumuskan sistem etika Pancasila.
2.
Menyelesaikan
kasus berbangsa dan bernegara dengan prinsip etika Pancasila.
|
Tes tanya jawab
|
10
|
100’
|
|
12.
|
Memahami dan
menganalisa Pancasila sebagai Sistem Etika berkehidupan dalam bangsa dan
negara.
|
Pancasila sebagai Sistem Etika :
a.
Pengertian Etika.
b.
Etika Pancasila.
c.
Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi,
kerusakan3lingkungan, dekadensi moral, dll.
|
PBL
|
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan mengenai etika Pancasila.
|
1.
Memahami dan
dapat merumuskan sistem etika Pancasila.
2.
Menyelesaikan
kasus berbangsa dan bernegara dengan prinsip etika Pancasila.
|
Tes tanya jawab
|
10
|
100’
|
|
13.
|
Memahami dan
menganalisa Pancasila sebagai Sistem dan Dasar Pengembangan Ilmu.
|
Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu :
a. Nilai ketuhanan sebagai dasar pengembangan ilmu.
b. Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu.
c. Nilai persatuan sebagai
dasar pengembangan ilmu
d. Nilai kerakyatan sebagai dasar pengembangan ilmu.
e. Nilai keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu.
|
PBL
|
Mahasiswa mampu
berdiskusi nilai-nilai Pancasila dan keterkaitannya dengan perkembangan
keilmuan.
|
1.
Memahami dan
dapat merumuskan sistem ketuhanan dan keilmuan.
2.
Memahami prinsip
dasar keilmuan dan kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila.
|
Diskusi
|
10
|
100’
|
|
14.
|
Memahami dan
menganalisa Pancasila sebagai Sistem dan Dasar Pengembangan Ilmu.
|
Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu:
a.
Nilai ketuhanan sebagai dasar pengembangan ilmu.
b. Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu.
c. Nilai persatuan sebagai
dasar pengembangan ilmu
d. Nilai kerakyatan sebagai dasar pengembangan ilmu.
e. Nilai keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu.
|
PBL
|
Mahasiswa mampu
berdiskusi nilai-nilai Pancasila dan keterkaitannya dengan perkembangan
keilmuan.
|
1.
Memahami dan
dapat merumuskan sistem ketuhanan dan keilmuan.
2.
Memahami prinsip
dasar keilmuan dan kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila.
|
Diskusi
|
10
|
100’
|
|
15.
|
Memahami dan
menganalisa Pancasila sebagai Sistem dan Dasar Pengembangan Ilmu.
|
Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu:
a.
Nilai ketuhanan sebagai dasar pengembangan ilmu.
b. Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu.
c. Nilai persatuan sebagai
dasar pengembangan ilmu
d. Nilai kerakyatan sebagai dasar pengembangan ilmu.
Nilai keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu.
|
PBL
|
Mahasiswa mampu
berdiskusi nilai-nilai Pancasila dan keterkaitannya dengan perkembangan
keilmuan.
|
1.
Memahami dan
dapat merumuskan sistem ketuhanan dan keilmuan.
2.
Memahami prinsip
dasar keilmuan dan kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila.
|
Diskusi
|
10
|
100’
|
|
16.
|
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
UAS
|
UAS
|
UAS
|
Tes Tertulis Close Book
|
10
|
100’
|
Purworejo,
19 September 2016
Mengetahui,
Ketua Jurusan
PGSD
|
Dosen
|
Muhammad Zaki
Mubarrak, SH., MH.
|
Post Title :
Rencana Pembelajaran Semester RPS
0 comments
Post a Comment