Rencana Pembelajaran Semester RPS

asd

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Program Studi
:
Ilmu Hukum
Nama Mata Kuliah
:
Pendidikan Pancasila
Kode Mata Kuliah
:
1001209
Jumlah Sks     
:
2 (dua) Sks
Semester         
:
1 (satu)
Mata Kuliah Prasyarat
:
-
Dosen Pengampu
:
Muhammad Zaki Mubarrak, SH., MH.
Deskripsi Mata Kuliah
:
Mata kuliah ini membahas tentang nilai-nilai dan pengertian Pancasila dan UUD 1945 secara ilmiah dan lebih mendalam, serta fungsi Pancasila sebagai ideology Negara dan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan Negara. Dalam mata kuliah ini, Pancasila dan UUD 1945 akan dibahas secara yuridis dan ilmiah sesuai dengan perkembangan yang aktual dan proses pencapaian tujuan nasional.
Capaian Pembelajaran
:

Sikap
:
Menunjukkan sikap bertanggungjawab dan professional atas pekerjaan dibidang keahliannya serta memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis yang berkeadaban; menjadi warga Negara yang memiliki daya saing; berdisiplin; dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.
Pengetahuan
:
Menguasai secara positif dalam menginterpretasi nilai -nilai dan pengertian Pancasila dan UUD 1945 secara ilmiah dan mendalam untuk pengembangan kemampuan berpikir komprehensif integral mengenai sistem ketatanegaraan Republik Indonesia dan nilai-nilai jati diri bangsa sehingga diharapkan dapat tumbuh personal wisdom yang integratif dalam dimensi kompentensi kewarganegaraan (civic knowledge, civic skills, civic commitment, civic convidence, dan civic competence)
Keterampilan
:
Mampu mengaplikasikan secara konsisten nilai-nilai dasar Pancasila, rasa kebangsaan, dan cinta tanah air dalam menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan penuh rasa tanggung jawab dan bermoral. 



1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Pert.
Ke-
Sub-Capaian Pembelajaran (Sub-Komp)
Bahan Kajian/Pokok Bahasan
Bentuk/Model Pembelajaran
Pengalaman Belajar
Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bobot Penilaian (per sub-komp)
Waktu
Referensi
1
Orientasi perkuliahan : mengenal capaian perkuliahan
-       RPS
-       Kontrak kuliah
-       System penilaian
Curah Gagasan
Kesepahaman atas RPS
Sepakat atas RPS
Tanya - Jawab
-
100’
RPS
2.
Mampu Menjelaskan dan memahami kedudukan Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa.
Pancasila dalam Kajian
Sejarah Bangsa
Indonesia :
a.  Era Pra Kemerdekaan
b.  Era Kemerdekaan
c.  Era Orde Lama
d. Era Orde Baru
e.  Era Reformasi
Curah Gagasan
Mahasiswa merumuskan dan mengkaji kedudukan Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa.
1.      Memahami kedudukan dan eksistensi Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa.
2.      Menyebutkan fase-fase keberadaan Pancasila dalam sejarah Bangsa Indonesia.
Tanya - Jawab
-
100’
Kaelan, Filsafat Pancasila, Paradigma, Yogyakarta, 2009.
Mahpudin Noor & Suparman, Pancasila, Pustaka Setia, Bandung, 2016.
Kaelan, Liberalisasi Ideologi Negara Pancasila, Paradigma, Yogyakarta, 2015.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Dirjen Dikti, Jakarta 2013.
3.
Mampu Menjelaskan dan memahami kedudukan Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa. (lanjutan)

Pancasila dalam Kajian
Sejarah Bangsa
Indonesia :
a.  Era Pra Kemerdekaan
b.  Era Kemerdekaan
c.  Era Orde Lama
d. Era Orde Baru
e.  Era Reformasi
PBL
Mahasiswa merumuskan dan mengkaji kedudukan Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa.
1.      Memahami kedudukan dan eksistensi Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa.
2.      Menyebutkan fase-fase keberadaan Pancasila dalam sejarah Bangsa Indonesia.
Tanya - Jawab
10
100’
4.
Memahami dan mampu mengevaluasi kedudukan Pancasila dalam kehidupan bernegara.
Pancasila sebagai
dasar negara :
1.       Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.
2.       Penjabaran Pancasila dalam Batang Tubuh UUD NRI tahun 1945.
3.       Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang Politik, Ekonomi, sosial Budaya dan Hankam.
PBL
Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan strategis Pancasila dalam ketatanegaraan Indonesia.
1.      Mampu menganalisis kedudukan dan eksistensi Pancasila dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.
2.      Mampu menganalisas keberadaan Pancasila dalam setiap sektor kenegaraan Indonesia.
Tanya - Jawab
10
100’
5.
Memahami dan mampu mengevaluasi kedudukan Pancasila dalam kehidupan bernegara. (lanjutan)
Pancasila sebagai
dasar negara :
1.       Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.
2.       Penjabaran Pancasila dalam Batang Tubuh UUD NRI tahun 1945.
3.       Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang Politik, Ekonomi, sosial Budaya dan Hankam.
PBL
Mahasiswa mampu menyimpulkan kedudukan strategis Pancasila dalam ketatanegaraan Indonesia.
1.      Mampu menganalisis kedudukan dan eksistensi Pancasila dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.
2.      Mampu menganalisas keberadaan Pancasila dalam setiap sektor kenegaraan Indonesia.
Tanya - Jawab
10
100’
6.
Mampu menganalisis dan membandingkan Ideologi Luhur Bangsa Indonesia.
Pancasila sebagai
Ideologi negara :
a.    Pengertian Ideologi.
b.    Pancasila dan Ideologi Dunia.
c.    Pancasila dan Agama.
PBL
1.    Mahasiswa mendiskusikan konsep dan keberadaan ideologi dalam suatu negara.
2.    Mahasiswa mampu membandingkan ideologi Pancasila dan ideologi dunia.
3.    Mahasiswa mendiskusikan kaitan Pancasila dan Agama
1.      Merumuskan konsep sumber hukum ideologi suatu negara.
2.      Membedakan beberapa konsep ideologi dalam suatu negara..
3.      Menyebutkan beberapa macam ideologi dunia
Case Study dan Tes tanya jawab
10
100’
7.
Mampu menganalisis dan membandingkan Ideologi Luhur Bangsa Indonesia. (Lanjutan)
Pancasila sebagai
Ideologi negara :
a.    Pengertian Ideologi.
b.    Pancasila dan Ideologi Dunia.
c.    Pancasila dan Agama.
PBL
1.    Mahasiswa mendiskusikan konsep dan keberadaan ideologi dalam suatu negara.
2.    Mahasiswa mampu membandingkan ideologi Pancasila dan ideologi dunia.
3.    Mahasiswa mendiskusikan kaitan Pancasila dan Agama
1.      Merumuskan konsep sumber hukum ideologi suatu negara.
2.      Membedakan beberapa konsep ideologi dalam suatu negara.
3.      Menyebutkan beberapa macam ideologi dunia.
Tanya - Jawab
10
100’
8.
Ujian Tengah Semester (UTS)
UTS


UTS
UTS

Tes Tertulis Open Book
10
100’
9.
Memahami mengenai filsafat Pancasila.
Pancasila sebagai Sistem Filsafat :
a.    Pengertian Filsafat.
b.    Filsafat Pancasila.
c.    Hakikat Sila- sila Pancasila.
PBL
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan mengenai filsafat dan hakikat Pancasila.
1.      Memahami falsafah Pancasila dalan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2.      Memahami dan menganalisa hakikat dari sila-sila dalam Pancasila.
Tanya - Jawab
10
100’
10.
Memahami mengenai filsafat Pancasila.  (Lanjutan)
Pancasila sebagai Sistem Filsafat :
a.    Pengertian Filsafat.
b.    Filsafat Pancasila.
c.    Hakikat Sila- sila Pancasila.
PBL
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan mengenai filsafat dan hakikat Pancasila.
1.      Memahami falsafah Pancasila dalan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2.      Memahami dan menganalisa hakikat dari sila-sila dalam Pancasila.
Tes tanya jawab
10
100’
11.
Memahami dan menganalisa Pancasila sebagai Sistem Etika berkehidupan dalam bangsa dan negara.
Pancasila sebagai Sistem Etika :
a.    Pengertian Etika.
b.    Etika Pancasila.
c.    Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi, kerusakan lingkungan, dekadensi moral, dll.
PBL
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan mengenai etika Pancasila.
1.      Memahami dan dapat merumuskan sistem etika Pancasila.
2.      Menyelesaikan kasus berbangsa dan bernegara dengan prinsip etika Pancasila.
Tes tanya jawab
10
100’
12.
Memahami dan menganalisa Pancasila sebagai Sistem Etika berkehidupan dalam bangsa dan negara.
Pancasila sebagai Sistem Etika :
a.    Pengertian Etika.
b.    Etika Pancasila.
c.    Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi, kerusakan3lingkungan, dekadensi moral, dll.
PBL
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan mengenai etika Pancasila.
1.      Memahami dan dapat merumuskan sistem etika Pancasila.
2.      Menyelesaikan kasus berbangsa dan bernegara dengan prinsip etika Pancasila.
Tes tanya jawab
10
100’
13.
Memahami dan menganalisa Pancasila sebagai Sistem dan Dasar Pengembangan Ilmu.
Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu :
a.  Nilai ketuhanan sebagai dasar pengembangan ilmu.
b.  Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu.
c.  Nilai persatuan sebagai dasar pengembangan ilmu
d. Nilai kerakyatan sebagai dasar pengembangan ilmu.
e.  Nilai keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu.
PBL
Mahasiswa mampu berdiskusi nilai-nilai Pancasila dan keterkaitannya dengan perkembangan keilmuan.
1.        Memahami dan dapat merumuskan sistem ketuhanan dan keilmuan.
2.        Memahami prinsip dasar keilmuan dan kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila.
Diskusi
10
100’
14.
Memahami dan menganalisa Pancasila sebagai Sistem dan Dasar Pengembangan Ilmu.
Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu:
a.    Nilai ketuhanan sebagai dasar pengembangan ilmu.
b.  Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu.
c.  Nilai persatuan sebagai dasar pengembangan ilmu
d. Nilai kerakyatan sebagai dasar pengembangan ilmu.
e.  Nilai keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu.
PBL
Mahasiswa mampu berdiskusi nilai-nilai Pancasila dan keterkaitannya dengan perkembangan keilmuan.
1.    Memahami dan dapat merumuskan sistem ketuhanan dan keilmuan.
2.    Memahami prinsip dasar keilmuan dan kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila.
Diskusi
10
100’
15.
Memahami dan menganalisa Pancasila sebagai Sistem dan Dasar Pengembangan Ilmu.
Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu:
a.   Nilai ketuhanan sebagai dasar pengembangan ilmu.
b.  Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu.
c.  Nilai persatuan sebagai dasar pengembangan ilmu
d. Nilai kerakyatan sebagai dasar pengembangan ilmu.
Nilai keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu.
PBL
Mahasiswa mampu berdiskusi nilai-nilai Pancasila dan keterkaitannya dengan perkembangan keilmuan.
1.    Memahami dan dapat merumuskan sistem ketuhanan dan keilmuan.
2.    Memahami prinsip dasar keilmuan dan kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila.
Diskusi
10
100’
16.
Ujian Akhir Semester (UAS)
UAS

UAS
UAS
Tes Tertulis Close Book
10
100’

                                                                                                                               Purworejo, 19 September 2016
Mengetahui,
Ketua Jurusan PGSD
Dosen









Muhammad Zaki Mubarrak, SH., MH.


Post Title : Rencana Pembelajaran Semester RPS

Rencana Pembelajaran Semester RPS,

Rencana Pembelajaran Semester RPS

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Categories

Label

ab 123 (2) agakara (1) Agribisnis (9) AIK (4) bab 1 pendahuluan (1) bab 3 dalam penelitian (1) bab 3 dalam proposal (1) Bahasa Indonesia (5) Bahasa Jawa (1) budidaya (1) bunga mawar (2) cabai hijau (1) cabai rawit (1) cabe hijau (1) cabe rawit (1) cara membuat proposal (1) cara membuat skripsi (1) cara tanam (1) cilantro (1) contoh bab 123 proposal (1) contoh bab 123 skripsi (2) contoh bab 2 dalam KTI (1) contoh bab 2 dalam makalah (1) contoh bab 2 dalam proposal (1) contoh bab 2 dalam skripsi (1) contoh bab 2 landasan teori (1) contoh bab 3 metode penelitian (1) contoh proposal (1) contoh skripsi (1) coriander (1) filsafat (1) geografi (1) hipotesis (1) IPA (1) ips (1) ÏPS (2) jenis sayuran (5) jurnal teori konflik (1) kajian kritis (1) kajian teori (1) kampus (1) karya ilmiah (1) Kewarganegaraan (1) Kewirausahaan (2) kkn (1) konflik pekerjaan keluarga (1) konsep dasar geografi (1) kualitatif (1) Kuisoner (2) labu duri (1) labu ular (1) latihan kata (1) Local Business (1) lombok hijau (1) magang (1) makalah (1) makalah geografi (1) Manajemen (3) MATEMATIKA (7) metode kuantitatif (1) metodologi penelitian (1) obat herbal (1) PAI Prodi (1) pancasila (1) panduan menanam (1) panduan proposal (1) panduan skripsi (1) PBSI (1) penelitian (1) perawatan tubuh (1) pertanian (1) pgsd (2) pohon kelor (1) ppl (1) Proposal Penelitian (1) Psikologi (3) RPP (3) RPS (1) sayuran kebun (6) Skripsi (2) soal ips dan jawaban (1) sopistikasi (1) submateri (1) surat biodata (1) surat domisili (1) surat ijin orang tua (1) surat ijin polisi (1) surat keterangan bersih diri (1) surat keterangan miskin (1) surat pernyataan miskin (1) tanaman bit (1) tanaman gambas (1) tanaman herbal (1) tanaman hias (4) tanaman kelor (1) tanaman ketumbar (1) tanaman labu (2) tanaman musim kemarau (1) tanaman oyong (1) tanaman terong (1) tanaman toga (1) tanaman tropis (1) teks anekdot (1) teori konflik (1) tips berkebun (6) tips bertanam (5) tugas akhir (1) tugas individu (1)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel