“ AGRIBISNIS GO-ONLINE (Harapan Tani)”
A. Nama Usaha
Harapan
Tani
Harapan Tani adalah toko online pertanian yang menjual berbagai
macam kebutuhan pertanian seperti pestisida, benih, pupuk dan sarana pertanian.
Kami melayani penjualan secara quantity dan eceran.
B. Latar Belakang
Dari segi bahasa, toko online berasal dari dua suku kata, Toko
dan Online. Menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia, toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk
menjual barang-barang (makanan, minuman dan sebagainya). Sedangkan online yang terjemahan bahasa
indonesianya adalah dalam jaringan menurut Wikipedia adalah keadaan disaat
seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar.
Jadi berangkat dari dua pengertian secara bahasa tersebut kita dapat
mengartikan toko online sebagai
tempat terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke
dalam suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet.
Toko online adalah tempat kita bisa memajang barang dagangan kita di
internet dan dilakukan transaksi dengan pembeli melalui mesin di web. Saat ini
toko online di indonesia mulai
berkembang pesat. Semakin banyak oarang yang mengunakan internet untuk membeli
dan menjual barang ataupun jasa. Salah satunya usaha yang kami sedang
kembangkan adalah Platform Toko Online
“ Harapan Tani ”, merupakan layanan
untuk membantu kebutuhan para petani. Dengan adanya Toko Online “ Harapan Tani ” ini
bertujuan untuk memberikan solusi dalam mengatasi kestabilan harga komoditas di
Indonesia serta diharapkan dapat memotong pola pendistribusian produk
pertanian, jadi langsung mempertemukan antara produsen dengan petani. Platform
tersebut adalah Toko Online “ Harapan Tani ” yang menyediakan atau
menjual berbagai macam kebutuhan petani seperti pestisida, benih, pupuk dan
sarana pertanian.
C. Potensi Pasar
Dengan
hadirnya Toko Online “ Harapan Tani ” kini para petani tinggal
membuka internet dangan mudah dan cepat mereka bakal temukan berbagai macam
produk pertanian yang dibutuhkan oleh petani yang disediakan oleh Platform Kami
Toko Online “ Harapan Tani ” cara ini bakal lebih menguntungkan para petani
karena dapat memotong rantai distribusi produk pertanian mereka menjadi lebih
pendek sehingga menciptakan peluang harga penjualan yang lebih rasional bagi
petani.
D.
Strategi
Pemasaran Online
1. Jenis E-Commerce
Jenis E-Commerce yang kami gunakan
adalah Business to Consumer (B2C). Website
jenis ini melakukan kegiatan transaksi online
antara produsen atau perusahaan dengan konsumen akhir. Bisnis ini berhubungan
langsung dengan konsumen perorangan atau group dan bukan dengan perusahaan atau
bisnis lainnya.
2.
Kanal
pemasaran
Toko Online
“ Harapan Tani ” memberi informasi
kepada target (konsumen) yang bersifat persuasi, atas produk yang dipasarkan.
Persuasi adalah ajakan dengan cara memberikan alasan dan prospek yang baik
untuk meyakinkan.
3.
Media
Pemasaran
Toko Online
“ Harapan Tani ” menyusun strategi
media pemasaran dengan cara mengidentifikasi target pasar yang dituju yaitu para
petani dan media pemasaran yang digunakan untuk memyampaikan suatu produk dari
Toko Online “ Harapan Tani ” kepada konsumen/pelanggan sebagai berikut:
Ø Media Pemasaran
Konvensial
Contoh:
Radio, Televisi, Media Cetak atau Blog dan Publikasi online.
Ø Penerbitan
Contoh:
menulis sebuah buku, menulis artikel, newsletter
Ø Speaking
Contoh:
berbicara melalui kegiatan seperti konferensi, workshop dan seminar
Ø Social
Media
Contoh: Facebook, Instagram, Whatsapp
4.
Promosi
yang disiapakan
Untuk meningkatkan penjualan dan menarik
peminat pembeli/pelanggan Toko Online
“ Harapan Tani ” menawarkan diskon
atau promo seperti:
ü Diskon
berbasis persentase
ü Diskon
berbasis nominal
ü Gratis
ongkos kirim
ü Hadiah
gratis
ü Diskon
mingguan atau bulanan
ü Penawaran
sepesial
Post Title :
“ AGRIBISNIS GO-ONLINE (Harapan Tani)”
0 comments
Post a Comment