Cara Membuat Proposal Terbaru Lengkap

asd

PEDOMAN
PENYUSUNAN SKRIPSI



















UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Jln. K.H. Ahmad Dahlan 3 Purworejo 54111. Telp./Faks. (0275) 321494
Home page: www.umpwr.ac.id. Email: info@umpwr.ac.id



SURAT KEPUTUSAN REKTOR  
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Nomor : 301/KEP/II.3.AU/F/2015

Tentang
PEDOMAN PENYUSUNAN SKRIPSI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo

Menimbang   :  1.  Bahwa penyusunan skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dilaksanakan oleh semua mahasiswa sebagai syarat menyelesaikan studi program sarjana di Universitas Muhammadiyah Purworejo;
                        2.  Bahwa dalam penyusunan skripsi perlu ada pedom- an untuk keseragaman format dan mekanisme;
                        3. Bahwa pedoman penyusunan skripsi perlu ditetapkan dengan Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo;

Mengingat     :  1.  Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
                        2.  Undang-undang nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
                        3.  Peraturan Pemerintah nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
                        4.  Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor: 02/PED/I.0/B/2012 tanggal 24 Jumadil Awal 1433 H/16 April 2012, tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah;
                        5.  Statuta Universitas Muhammadiyah Purworejo.
MEMUTUSKAN

Menetapkan  :
Pertama         :    Pedoman Penyusunan Skripsi Universitas Muhammadiyah Purworejo;
Kedua           :    Pedoman Penyusunan Skripsi yang dikeluarkan oleh Universitas menjadi acuan wajib bagi dosen pembimbing dalam melaksanakan bimbingan penyusunan skripsi, bagi mahasiswa dalam menyusun skripsi, dan bagi program studi dalam mengelola skripsi;
Ketiga           :    Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.
Keempat       :    Apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.
                                                      Ditetapkan di : Purworejo
      Pada Tanggal :  1 Rajab 1436 H
                             20 April 2015 M
                                                                              Rektor,


                                                     Drs. H. Supriyono, M.Pd.
  NBM 549679







PEDOMAN PENYUSUNAN SKRIPSI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO


 

DAFTAR ISI


Halaman
HALAMAN JUDUL …………………………………………..         i
SK REKTOR UMP ...…………………………………………        ii
DAFTAR ISI …………………………………………………..       iii
BAB I      PENDAHULUAN…………………………………..      1
                A.  Dasar Penyusunan Skripsi ……………………         1
B.      Pengertian dan Bobot Skripsi…………………         1
C.      Persyaratan Akademik dan Administratif……          1
D.     Judul Skripsi…………………………………….      1
BAB II     TAHAP-TAHAP PENYUSUNAN SKRIPSI………      2
A.     Pengusulan Skripsi …………………………..          2
B.      Penetapan Dosen Pembimbing…………………       2
C.      Pelaksanaan Penelitian………………………….      2
D.     Penyusunan Skripsi…………………………….       3
E.      Ujian Skripsi ………………………………….        3
F.      Pengesahan dan Penyerahan Skripsi………….         3
BAB III    SISTEMATIKA SKRIPSI…………………………..      4
                A.  Bagian Awal…………………………………….      5
                B.   Bagian Isi……………………………………….      6
                C.   Bagian Akhir……………………………………      7
BAB IV    TATA TULIS SKRIPSI ……………………………       8
                A.   Pengetikan………………………………………      8
                B.   Cara Penulisan………………………………….       8

LAMPIRAN CONTOH-CONTOH…………………………….      11




BAB I

PENDAHULUAN

A.     Dasar Penyusunan Skripsi

Skripsi merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa jenjang S1 Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP).

B.      Pengertian dan Bobot Skripsi

Skripsi adalah karya ilmiah  dalam suatu bidang studi tertentu yang disusun oleh maha­siswa program Sarjana (S1) pada akhir studinya. Karya ilmiah ini dapat disusun berdasarkan hasil penelitian lapangan, atau kajian pustaka,  yang memiliki bobot enam satuan kredit semester (6 sks).
Skripsi hasil penelitian lapangan adalah jenis penelitian yang berorientasi pada pengumpulan data empiris di lapangan. Ditinjau dari pendekatan yang digunakan penelitian lapangan dapat dibedakan menjadi  dua macam, yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif.
Skripsi hasil  kajian pustaka adalah penelitian yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan.

C.     Persyaratan Akademik dan Administratif

1.    Persyaratan akademik bagi mahasiswa yang akan menyusun skripsi sebagai berikut:
a.       telah menyelesaikan mata kuliah, minimal 120 sks dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,00;
b.       telah lulus mata kuliah Metodologi Penelitian dan Bahasa Indonesia dengan nilai minimal C;
c.       telah lulus mata kuliah Praktik Lapangan (Magang, PPL, PKL, dan kegiatan lain yang sejenis).

2.    Persyaratan administratif bagi mahasiswa yang akan menyusun skripsi adalah sebagai berikut:
a.       terdaftar sebagai mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Purworejo;
b.       telah mencantumkan  mata kuliah skripsi pada kartu rencana studi dalam semester yang bersangkutan;
c.       telah membayar biaya bimbingan skripsi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


D.     Judul Skripsi

1.       Judul skripsi merupakan judul penelitian, baik penelitian lapangan maupun kajian pustaka yang didasarkan pada masalah yang relevan dengan visi dan misi program studi
2.       Judul skripsi diusulkan oleh mahasiswa dan disetujui oleh dosen pembimbing.



BAB II
TAHAPAN PENYUSUNAN SKRIPSI

A.     Pengusulan Skripsi

Skripsi disusun berdasarkan hasil penelitian. Sebelum menyusun skripsi, mahasiswa diwajibkan mengajukan usulan skripsi yang isinya sama dengan usulan penelitian.
1.    Komponen Usulan Skripsi
    Usulan skripsi memuat komponen sebagai berikut:
a.    Bagian Awal
Bagian awal terdiri atas halaman judul dan  halaman persetujuan.
1)    Halaman Judul
Halaman judul memuat judul skripsi yang akan dibuat oleh mahasiswa dan identitas mahasiswa (Nama, NIM, Program studi, Fakultas, Universitas, dan Tahun pengajuan Usulan Skripsi), logo UMP dengan ukuran diameter ± 6 cm.(Lihat lampiran contoh nomor 1).
2)  Halaman Persetujuan 
Halaman persetujuan memuat judul skripsi, identitas mahasiswa, identitas dan tanda tangan pembimbing I dan II, dan diketahui Ketua Program Studi (Lihat lampiran contoh nomor 2).
b.    Bagian Isi
Penelitian Kuantitatif, memuat:
1)    Latar Belakang Masalah
2)    Identifikasi Masalah
3)    Batasan Masalah
4)    Rumusan Masalah
5)    Tujuan Penelitian
6)    Manfaat Penelitian
7)    Kajian Teori, Tinjauan Pustaka, Kerangka Pikir, dan Rumusan Hipotesis
8)    Metode Penelitian meliputi:
a)    Desain Penelitian
b)    Tempat dan Waktu Penelitian
c)    Populasi dan Sampel
d)    Variabel Penelitian
e)    Pengumpulan Data
f)     Instrumen Penelitian
g)    Analisis Data
Catatan:
1.         Penelitian kualitatif dalam paradigma kuantitatif dapat menggunakan formattersebut, sedangkan untuk penelitian kualitatif dalam paradigma bahasa, sastra,dan phenomenologymenyesuaikan dengan judul ataupun masalah yang diteliti.
2.         Komponen metode penelitian disesuaikan dengan sifat dan jenis penelitian.

c.       Bagian Akhir
Bagian akhir berisi daftar pustaka yang disusun secara alfabetis. Daftar pustaka dapat berasal dari jurnal, artikel, laporan hasil penelitian yang relevan, buku teks, buku referensi, internet, dan majalah.

2.    Prosedur Pengajuan Usulan Skripsi

Mekanisme pengajuan usulan skripsi sebagai berikut:
a.       Usulan skripsi disetujui oleh Dosen Pembimbing dan diketahui oleh Ketua Program Studi.
b.       Usulan skripsi dibuat rangkap empat, untuk Ketua Program Studi, Dosen Pembimbing I, Dosen Pembimbing II,  dan Mahasiswa.

B.        Penetapan Dosen Pembimbing

1.     Pembimbingan skripsi dilakukan oleh dua orang Dosen Pembimbing bagi setiap mahasiswa.
2.     Dosen pembimbing dapat diusulkan oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan persetujuan Ketua Program Studi atau ditetapkan oleh Ketua Program Studi dengan memperhatikan proporsionalitas.
3.     Surat Keputusan Dosen Pembimbing diterbitkan oleh Dekan atas usulan Ketua Program Studi.
4.     Yang berhak diangkat menjadi Dosen Pembimbing skripsi adalah dosen  yang berjabatan akademik minimal Asisten Ahli.
5.     Pembimbing I dan Pembimbing II memiliki tanggung jawab sama.
6.     Apabila ada sesuatu hal dosen pembimbing tidak dapat melaksanakan tugas, Ketua Program Studi berhak menunjuk dosen lain sebagai penggantinya.

C.   Pelaksanaan Penelitian

1.       Untuk penelitian lapangan, sebelum memulai proses penelitian, mahasiswa perlu melakukan pra-survei ke lokasi penelitian agar memperoleh gambaran antisipatif tentang subjek dan objek penelitian.
2.       Untuk penelitian yang bersifat kajian pustaka, sebelum memulai proses penelitian, mahasiswa perlu membaca sejumlah buku acuan sesuai dengan ketentuan program studi.
3.       Surat permohonan izin penelitian diterbitkan oleh Dekan.
4.       Setelah selesai penelitian, mahasiswa harus mendapatkan Surat Keterangan telah melaksanakan penelitian dari tempat penelitian.

D.       Pembimbingan Skripsi

1.     Pembimbingan dapat dilakukan setelah mahasiswa memiliki Surat Keputusan Penetapan Dosen Pembimbing.
2.     Batas waktu pembimbingan skripsi maksimal dua semester terhitung sejak diterbitkannya Surat Keputusan Penetapan Dosen Pembimbing. Apabila sampai batas waktu yang ditentukan mahasiswa belum dapat menyelesaikan skripsinya, bimbingan dapat diperpanjang enam bulan dengan persetujuan Ketua Program Studi dengan memenuhi kewajiban biaya bimbingan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UMP.
3.     Setiap melakukan bimbingan, Dosen Pembimbing menandatangani Kartu Bimbingan Skripsi.
4.     Bimbingan skripsi minimal 8 kali bimbingan untuk setiap pembimbing.
5.     Dosen Pembimbing menandatangani lembar persetujuan setelah menyetujui skripsi, untuk digunakaan sebagai syarat pendaftaran ujian skripsi.

E.        Ujian Skripsi

1.     Ujian skripsi dilaksanakan sepanjang tahun akademik.
2.     Mahasiswa yang telah dinyatakan siap menempuh ujian skripsi oleh dosen pembimbing harus mendaftarkan ujian kepada Ketua Program Studi dengan disertai bukti-bukti sebagai berikut:
a.       draf skripsi yang telah disetujui pembimbing sejumlah 3 bendel,
b.       daftar nilai semua mata kuliah yang wajib ditempuh dengan Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,00,tidak ada nilai E, nilai D maksimal 20% dari jumlah total sks,  nilai mata kuliah AIK,Pendidikan Pancasila, Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia minimal C,
c.       fotokopi bukti pembayaran biaya bimbingan skripsi,
d.       fotokopi KRS.
3.     Setelah mempertimbangkan usul Ketua Program Studi, Dekan menerbitkan Surat Keputusan tentang Tim Penguji Skripsi.
4.     Tim Penguji Skripsi terdiri atas
a.         Penguji Utama, selain Dosen Pembimbing,
b.         Penguji I adalah Dosen Pembimbing I,
c.         Penguji II adalah  Dosen Pembimbing II.
5.     Penguji skripsi berjabatan akademik minimal Asisten Ahli.
6.     Ujian skripsi dilaksanakan dengan sistem sidang, artinya seorang peserta ujian diuji oleh tiga orang penguji sekaligus.
7.     Ujian skripsi dapat bersifat terbuka dan dapat dihadiri oleh mahasiswa lain dengan persetujuan Ketua Program Studi.
8.     Komponen penilaian ujian skripsi meliputi
a.     Aspek isi skripsi dengan bobot 50% yang meliputi:
1)        Kondisi logis isi skripsi
2)        Kadar keaslian dan mutu skripsi
3)        Bahasa dan tata tulis skripsi
b.    Aspek presentasi dengan bobot 20%, yang meliputi:
1)        Kelancaran presentasi
2)        Rasa percaya diri
c.     Aspek jawaban dalam ujian dengan bobot 30%, yang meliputi:
1)        Rasionalitas jawaban
2)        Performa dalam menyampaikan jawaban
3)        Bahasa yang digunakan dalam menyampaikan jawaban
9.     Pengumuman hasil ujian skripsi disampaikan setelah Tim Penguji setelah melakukan sidang.

F.        Pengesahan  dan Penyerahan Skripsi

1.    Pengesahan skripsi oleh Penguji dapat langsung dilakukan terhadap mahasiswa yang lulus ujian skripsi tanpa revisi.
2.    Pengesahan skripsi bagi mahasiswa yang lulus dengan revisi dilakukan jika hasil revisi telah disetujui oleh Penguji.
3.    Batas waktu revisi skripsi maksimum satu bulan.
4.    Skripsi yang telah disahkan, digandakan dan dijilid rangkap 6 sampul karton tebal. Warna sampul disesuaikan dengan warna bendera fakultas
Fakultas Keguruan dan Iimu Pendidikan : Merah tua
Fakultas Ekonomi                                 :Merah muda
Fakultas Pertanian                                : Hijau
Fakultas Teknik                        : Kuning

Pendistribusian keenam bendel skripsi adalah
a.       Satu bendel untuk Program Studi.
b.       Satu bendel untuk Dosen Pembimbing I.
c.       Satu bendel untuk Dosen Pembimbing II.
d.       Satu bendel untuk Perpustakaan.
e.       Satu bendel untuk lembaga tempat penelitian.
f.        Satu bendel untuk mahasiswa yang bersangkutan.

5.    Mahasiswa diwajibkan mempublikasikan artikel hasil penelitiannya ke dalam jurnal E-Journal.
6.    Mahasiswa diwajibkan menyerahkan softcopy dalam bentuk CD format PDF kepada Program Studi dan perpustakaan.

 


BAB III
SISTEMATIKA SKRIPSI

Sistematika skripsi dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir. Tiap bagian dirinci sebagai berikut:
Bagian Awal
Halaman Sampul Depan
      Halaman Judul
      Halaman Persetujuan
      Halaman Pengesahan
      Halaman Motto dan Persembahan (kalau ada)
      Halaman Pernyataan Keaslian Skripsi
      Prakata
      Abstrak
      Daftar Isi
      Daftar Tabel
      Daftar Gambar
      Daftar Simbol
      Daftar Lampiran

Bagian Isi

Bagian Isi terdiri atas:
      BAB I         PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah
B.      Identifikasi Masalah
C.      Batasan Masalah
D.     Rumusan Masalah
E.      Tujuan Penelitian
F.      Manfaat Penelitian
      BAB II       KAJIAN TEORI, TINJAUAN PUSTAKA, DAN RUMUSAN HIPOTESIS
A.   Kajian Teori
B.   Tinjauan Pustaka (hasil penelitian yang relevan)
C.    Kerangka Pikir
D.   Hipotesis Penelitian
      BAB III      METODE PENELITIAN
A.     Desain Penelitian
B.      Tempat dan Waktu Penelitian
C.      Populasi dan Sampel
D.     Variabel Penelitian
E.      Definisi Operasional (bila diperlukan)
F.      Pengumpulan Data
G.     Instrumen Penelitian
H.     Analisis Data
      BAB IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.     Deskripsi Data
B.      Analisis Data
C.      Pembahasan Hasil Penelitian                          
      BAB V       PENUTUP
A.      Simpulan
B.      Saran

Bagian Akhir

Bagian akhir skripsi terdiri atas daftar pustaka dan lampiran-lampiran. Lampiran yang perlu disertakan adalah:
1.       Ringkasan skripsi sebagai naskah artikel jurnal (minimal 4 halaman, maksimal 6 halaman, ditulis 1,5 spasi)
2.       instrumen atau alat pengumpul data
3.       data
4.       tabel kerja analisis statistik
5.       surat izin penelitian
6.       kartu bimbingan skripsi
7.       catatan lapangan (field notes) untuk penelitian kualitatif
8.       bukti-bukti lain yang diperlukan.
Catatan:
1.       Penelitian kualitatif dalam paradigma kuantitatif dapat menggunakan format tersebut, sedangkan untuk penelitian kualitatif dalam paradigma bahasa, sastra, dan phenomenology menyesuaikan dengan judul ataupun masalah yang akan diteliti.
2.       Komponen metode penelitian disesuaikan dengan sifat dan jenis penelitian.

Berikut diuraikan rincian masing-masing bagian dalam skripsi:

A.     Isi Bagian Awal

1.       Halaman Sampul Depan
Halaman sampul depan berisi judul skripsi, maksud penyusunan  skripsi, lambang UMP, identitas penyusun, program studi, fakultas, dan universitas serta tahun penyusunan skripsi (lihat Lampiran contoh nomor 3).


2.       Halaman Judul
Format halaman judul sama dengan halaman sampul.

3.       Halaman Persetujuan
Halaman persetujuan oleh pembimbing dan diketahui oleh Ketua Program Studi (lihat Lampiran contoh nomor 4).

4.       Halaman Pengesahan
Halaman pengesahan  disahkan oleh Penguji dan Dekan. Halaman ini dilampirkan setelah ujian skripsi (lihatLampiran contoh nomor 5).

5.       Halaman Pernyataan Keaslian Skripsi
Halaman pernyataan memuat pernyataan penyusun skripsi bahwa skripsi yang disusun bebas dari plagiat (lihat Lampiran contoh nomor 6).

6.       Prakata
Prakata dimaksudkan untuk menyampaikan informasi secara global mengenai maksud penyusun skripsi dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berjasa dalam penyusunan skripsi (lihat Lampiran contoh nomor 7).

7.       Abstrak
Abstrak terdiri atas identitas, inti dan kata kunci. Inti abstrak terdiri dari tiga alinea. Abstrak diketik satu spasi.  Panjang abstrak maksimal 250 kata dalam satu halaman.
a.       Identitas memuat nama penyusun, judul skripsi, nama lembaga, dan tahun penyusunan.
b.       Alinea pertama memuat uraian singkat mengenai tujuan penelitian.
c.       Alinea kedua berisi metode penelitian.
d.       Alinea ketiga berisi hasil penelitian.
e.       Kata kunci minimal 2, maksimal 5 kata, dicantumkan setelah alinea ketiga.
      (lihat Lampiran contoh nomor 8).

8.       Daftar Isi
Daftar isi memuat bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir skripsi beserta nomor halaman. Daftar isi diketik satu spasi (Lihat Lampiran contoh nomor 9).


9.       Daftar Tabel
Daftar Tabel (jika ada) memuat nomor urut tabel, judul tabel beserta halaman tempat tabel tersebut disajikan. Daftar tabel diketik satu spasi. (lihat Lampiran contoh nomor 10).

10.   Daftar Gambar
Daftar Gambar (jika ada) memuat nomor urut, judul  gambar beserta halaman tempat gambar tersebut disajikan. Daftar gambar  diketik satu spasi. (Lihat lampiran contoh nomor 10).

11.   Daftar Simbol
Daftar simbol (jika ada) memuat simbol dan keterangannya dan halaman. Daftar simbol  diketik satu spasi. (Lihat lampiran contoh nomor 10).

12.   Daftar Lampiran
Daftar Lampiran memuat nomor urut lampiran beserta halaman tempat lampiran disajikan.(lihat Lampiran contoh  nomor 9).

 

B.   Rincian Bagian Isi

      Pada dasarnya bagian isi skripsi hampir sama dengan bagian isi usulan penelitian. Bagian isi terdiri atas:
1.       BAB I    PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang Masalah
Latar belakang  masalah menjelaskan hal-hal yang mendorong atau argumentasi yang mendasari pemilihan masalah penelitian.

b.      Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah berisi kajian berbagai masalah yang relevan dengan judul penelitian.

c.       Batasan Masalah
Batasan masalah dibuat sesuai dengan ruang lingkup penelitian dan keterbatasan yang ada pada penyusun tanpa mengorbankan makna permasalahan yang diteliti.

d.   Rumusan Masalah
Rumusan masalah disajikan secara jelas, dapat dilakukan dengan kalimat pertanyaan atau pernyataan dan dapat dibagi sampai pada sub-sub masalah.
e.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian menyatakan sesuatu yang ingin dicapai melalui penelitian, baik yang bersifat teoretis maupun praktis.

g.    Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian menyatakan manfaat dari hasil penelitian bagi pemangku kepentingan, baik bersifat teoretis maupun praktis.

2.       BAB II KAJIAN TEORI, TINJAUAN PUSTAKA,DAN RUMUSAN HIPOTESIS
a.       Kajian Teori
Bagian ini berisi teori yang relevan dengan variabel yang akan diteliti. Unsur-unsur suatu teori hendaknya ditampilkan secara jelas, seperti definisi, asumsi, hubungan antarvariabel dan penjelasan terhadap masalah yang diteliti. Dalam bagian ini penyusun melakukan sintesis terhadap berbagai teori yang relevan agar diperoleh legitimasi konseptual terhadap variabel yang akan diteliti beserta instrumen pengukurannya. Kajian teori ini perlu ditampilkan secara komprehensip  agar penelitian mempunyai dasar yang kuat dalam merumuskan hipotesis maupun menyusun instrumen.
b.      Tinjauan Pustaka
Memuat berbagai hasil penelitian yang relevan dengan permasalahan yang diteliti.
c.       Kerangka Pikir (bila diperlukan)
Kerangka pikir berisi hubungan antarvariabel yang diteliti melalui kerangka konseptual yang akan digunakan untuk memecahkan masalah yang diteliti.
d.      Rumusan Hipotesis
Rumusan hipotesis merupakan rumusan dugaan ataupun jawaban sementara terhadap permasalahan yang diteliti.Oleh karena itu, hipotesis perlu dirumuskan secara singkat dan jelas yang dinyatakan dalam bentuk kalimat pernyataan. Hipotesis harus dirumuskan atas dasar kajian teori dan kerangka pikir yang telah dilakukan agar hipotesis dapat diuji.
Tidak semua penelitian memerlukan rumusan hipotesis.



3.       BAB III METODE PENELITIAN
Metode penelitian meliputi hal-hal berikut.                         
a.    Desain Penelitian
Penjelasan mengenai desain  atau rancangan penelitian yang digunakan perlu diberikan untuk setiap jenis penelitian, terutama penelitian eksperimental. Desain penelitian diartikan sebagai strategi mengatur latar penelitian agar peneliti memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik variabel dan tujuan penelitian. Pemilihan desain penelitian dalam penelitian eksperimental selalu mengacu pada hipotesis yang akan diuji. Pada penelitian noneksperimental bahasan dalam subbab desain penelitian berisi jenis penelitian yang dilakukan. Di samping itu, dalam bagian ini dijelaskan pula variabel yang dilibatkan dalam penelitian serta sifat hubungan antarvariabel tersebut.
b.   Tempat dan Waktu Penelitian
Pada bagian ini dijelaskan gambaran tempat dan waktu  dilaksanakannya penelitian.
c.    Populasi dan Sampel
Bagian ini memuat penjelasan wilayah generalisasi atau populasi penelitian, teknik penentuan jumlah sampel serta teknik pengambilan sampel.
d.   Pengumpulan Data
Bagian ini memuat penjelasan berbagai metode yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian.
e.    Instrumen Penelitian
Bagian ini memuat penjelasan semua instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data, kisi-kisi instrumen, serta kesahihan (validity) dan kehandalan (reliability) instrumen.
f.     Analisis Data
Bagian ini memuat penjelasan berbagai teknik analisis yang digunakan. Apabila digunakan teknik statistik, perlu mempertimbangkan bentuk hipotesis dan jenis data yang dikumpulkan.

4.       BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi :(a) Deskripsi data, (b) Analisis data, dan (c) Pembahasan hasil penelitian. Dalam bagian ini ditampilkan hasil penelitian secara singkat, ditampilkan hasil analisis data, serta dilakukan penafsiran dan pemaknaan terhadap semua hasil penelitian. Hasil pengujian hipotesis (jika ada) ditafsirkan maknanya secara konseptual. Dalam bagian pembahasan, selain menjawab permasalahan penelitian,penyusunjuga harus memberikan argumen atau alasan tentang hasil penelitian yang diperoleh.

5.       BAB V PENUTUP
Bab ini terdiri atas dua bagian, yaitu Simpulan dan Saran

a.    Simpulan, merupakan pernyataan singkat hasil analisis atau hasil uji hipotesis yang hakikatnya merupakan jawaban atas permasalahan yang diteliti.

b.    Saran, merupakan usulan yang solutif (yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian) yang bersifat operasional dan jelas menyebutkan kepada siapa saran itu disampaikan jika memang tidak ada sesuatu yang diusulkan.


C.     Isi Bagian Akhir

Bagian akhir skripsi terdiri atas daftar pustaka dan lampiran-lampiran. Lampiran yang perlu disertakan adalah:
1.       instrumen penelitian,
2.       data penelitian,
3.       tabel kerja analisis statistik (untuk penelitian kuantitatif),
4.       catatan lapangan (untuk penelitian kualitatif),
5.       kartu bimbingan skripsi,
6.       surat izin penelitian,
7.       surat keterangan telah melaksanakan penelitian,
8.       bukti-bukti lain yang diperlukan.

  

BAB IV
TATA TULIS SKRIPSI

Skripsi disusun dalam bahasa Indonesia baku atau bahasa Inggris baku dengan ketentuan sebagai berikut.

A.     Pengetikan

  1. Kertas dan Ukuran
Skripsi diketik pada kertas HVS berwarna putih, berukuran kuarto (21,5 cm x 28 cm) 80 gram. Apabila di dalam tulisan harus digunakan kertas khusus, seperti kertas millimeter untuk grafik, kertas kalkir untuk bagan dan sejenisnya, penyusunan menggunakan ukuran yang berbeda dari yang telah ditentukan, kemudian dilipat sesuai dengan ukuran kertas naskah yang telah ditentukan

  1. Sampul
Untuk sampul luar digunakan kertas karton berwarna sesuai dengan ketentuan fakultas masing-masing dan dilapisi plastik bening dengan huruf berwarna kuning emas.

  1. Spasi Pengetikan
Jarak antarbaris untuk penyusunan skripsi adalah dua spasi. Khusus untuk abstrak, daftar isi, judul tabel, judul gambar, dan nama bab diketik dengan jarak baris satu spasi. Pada daftar pustaka, jarak antarbaris dalam satu pustaka adalah satu spasi, sedangkan jarak antarpustaka dua spasi. Jarak antarjudul bab dengan subbab dan antarsubbab adalah tiga spasi.

  1. Batas Tepi Pengetikan Naskah
Batas tepi pengetikan naskah ditentukan sebagai berikut:
Tepi atas          :     4 cm
Tepi bawah      :     3 cm
Tepi kiri           :     4 cm
Tepi kanan       :     3 cm

  1. Pengetikan Alinea Baru
Pengetikan alinea baru dimulai pada karakter ketujuh dari tepi kiri.




  1. Pengetikan Bab, Subbab, dan Anak Subbab
a.       Judul bab diketik dengan huruf kapital, ukuran 14, tebal, dan diletakkan ditengah (center). Nomor urut bab ditulis dengan huruf romawi, ditulis dalam formatcenter, di atas judul bab.
b.       Pengetikan judul subbab dan nomor subbab dimulai dari tepi kiri. Huruf awal setiap kata dalam subbab ditulis dengan huruf kapital kecuali kata penghubung dan kata depan. Nomor subbab ditulis menggunakan huruf kapital.
c.       Pengetikan judulsubsubbab dimulai dari tepi kiri. Huruf awal setiap kata dalam subsubbab ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata penghubung dan kata depan.

  1. Pengetikan naskah
a.          Pengetikan naskah menggunakan rata kiri-kanan.
b.         Kata-kata atau istilah asing dicetak miring.
c.          Penomoran bab, subbab, dan subsubbab (lihat Lampiran contoh nomor 13).

  1. Penggunaan Huruf
a.       Jenis huruf                          : Times New Roman(TNR)
b.       Ukuran Huruf                     :
1)      Judul skripsi                 :   16 (huruf tebal)
2)      Bab                              :   14 (huruf tebal)
3)      Subbab                         :   12 (huruf tebal)
4)      Isi naskah skripsi          :   12 (biasa)    


B.      Cara Penulisan

1.       Penomoran


a.       Penomoran Halaman
Nomor halaman pada bagian awal skripsi seperti halaman judul, prakata, daftar isi, dst. menggunakan angka Romawi kecil yang diletakkan pada bagian tengah bawah. Untuk bagian isi dan bagian akhir menggunakan angka Arab yang diletakkan pada bagian kanan atas. Khusus pada halaman yang memuat judul bab, penomoran halamannya di tengah bagian bawah.

b.      Penomoran Persamaan Matematis
Jika dalam naskah skripsi terdapat persamaan matematis,  penomoran dilakukan dengan angka Arab, rata kanan, di dalam tanda kurung.

2.       Penyajian Tabel

a.       Nomor tabel diletakkan di tengah,  diikuti judul tabel yang ditulis di bawahnya dengan jarak satu spasi.
b.       Nomor tabel ditulis dengan angka Arab, berurutan, tanpa memandang dalam bab mana tabel tersebut disajikan.
c.       Tulisan tabel, nomor tabel, dan judul tabel dicantumkan di atas tabel.
d.       Penyajian setiap tabel sedapat mungkin dalam halaman yang sama.
e.       Ukuran huruf danspasi menyesuaikan.

3.       Penyajian Gambar

Pengertian gambar di sini meliputi foto, grafik, diagram, peta, bagan, skema, dan objek lain yang sejenis. Penyajian gambar mengikuti ketentuan berikut.
a.       Tulisan ”Gambar”, nomor gambar, dan nama gambar diletakkan di bawah gambar, di tengah dan tepi kanan dengan jarak baris satu spasi.
b.       Nomor gambar ditulis dengan angka Arab  secara berurutan tanpa memandang dalam bab mana gambar disajikan.
c.       Gambar harus disajikan dalam satu halaman (tidak boleh dipenggal menjadi dua halaman atau lebih).

4.       Pengutipan

a.       Cara Menulis Kutipan Langsung
1)      Kutipan langsung ditulis sama persis dengan yang tertulis di dalam sumber aslinya, baik mengenai bahasa maupun ejaan.
2)      Kutipan yang lebih dari empat baris diketik satu spasi, dimulai pada karakter kelima dari tepi kiri tanpa tanda petik.
3)      Kutipan yang panjangnya kurang dari lima baris dimasukkan ke dalam teks, diketik seperti ketikan teks, diawali dan diakhiri dengan tanda petik ( ” ).

b.      Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung
Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang tidak sama persis dengan aslinya. Penyusun hanya mengambil pokok pikiran dari sumber yang dikutip dalam kalimat yang disusun sendiri oleh penyusun.Kutipan dimasukkan kalimat yang disusun penyusun, tetapi diberi sumber acuan

c.       Cara Menulis Sumber Kutipan
Sumber kutipan ditulis dengan menyebutkan nama akhir pengarang, tahun terbitan, dan nomor halaman yang dikutip.
Contoh (Bailey, 1987:12),  (Sujana, 2001:76).
d.      Cara Menulis Sumber Kedua (Sumber dari sumber)
Sumber kutipan dari sumber kedua ditulis dengan menyebut nama pengarang, tahun terbit, dan sumber kedua itu.
Contoh : menurut Borg and Gall dalam Arikunto, Suharsimi(1998:30).

5.       Penulisan Daftar Pustaka

Penyusunan daftar pustaka mengikuti aturan sebagai berikut.

a.       Penyusunan isi daftar pustaka yang berwujud buku mengikuti urutan: nama pengarang.tahun terbit.judul buku (dicetak miring).kota penerbitan: nama penerbit.

b.       Penyusunan nama pengarang asing diawali dengan nama akhir.

c.       Penyusunan nama pengarang yang lebih dari dua kata,  diawali dengan nama akhir atau nama keluarga pengarang.

d.       Nama lain atau huruf singkatan (initial) ditulis di belakang nama akhir dan dipisahkan dengan koma(,). Initial diakhiri dengan titik (.).

e.       Apabila pemilik nama tersebut berperan sebagai penyunting buku, di belakang nama diberi tanda (Ed.) jika seorang diri atau (Eds.) jika lebih dari seorang.

f.        Gelar pengarang tidak perlu dicantumkan.

g.       Isi daftar pustaka ditulis secara alfabetis, tanpa nomor urut.

h.       Apabila sumber pustaka mengambil artikel dari internet, penyusunan dimulai dari nama penyusun, tahun penyusunan (apabila ada),alamat yang diakses, dan tanggal unduh.

i.        Artikel dari internet yang dapat dijadikan rujukan hanya yang berasal dari jurnal elektronik, perpustakaan digital, web perguruan tinggi, dan web milik pemerintah. Artikel yang diambil dari internet paling banyak 30% dari seluruh pustaka yang digunakan.


6.       Contoh Penulisan Pustaka dalam Daftar Pustaka

a.       Buku yang diterbitkan oleh penerbit tertentu

Eko Putro Widoyoko, S. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

b.      Buku diterbitkan oleh lembaga pemerintah, tanpa nama pengarang

Ditjen Dikti. 2001. Standar Kompetensi Dasar Guru. Jakarta.

c.       Artikel jurnal, pengarang seorang

Mellers, B.A. 2000. Choice and the Relative Pleasure of Consequences.Psychological Bulletin, 12, 97-121.

d.      Artikel jurnal, lebih dari dua pengarang

Saywitz, K.J., et.al. 2000. Treatment for Sexually Abused Children and Adolescent. American Psychologist, 55, 114-149.

e.       Artikel majalah

Sisworo.Maret 2003.Menyimak’.Mentari, 53, 23–35.

f.        Tulisan dalam surat kabar tanpa nama penyusun

Obat Baru Menunjukkan Penurunan Tajam Risiko Kematian Kegagalan Jantung. 2001. Suara Karya, kolom 2, Rubrik Pendidikan, hal.12. Senin 15 Juli 2001.

g.       Artikel dalam surat kabar dan ada nama penyusun

Suryakusuma. 2002. Pendidikan Biaya Tinggi di Alam Otonomi.Suara Karya, kolom 4, hal.13. Kamis 1 Agustus 2002.

h.      Buku hasil penyuntingan dua orang

Amal, I. dan Armawi, A. (Eds.) 1996.Sumbangan Ilmu-ilmu Sosial terhadap Konsep Ketahanan Nasional. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

i.        Buku terjemahan

Laplace, P.S. 1981. Karangan Filosofis tentang Peluang. (Terjemahan Anton Simbolon & Bachrun Nasution). New York: Dover. (Buku asli diterbitkan tahun 1974).

j.        Makalah yang disajikan dalam suatu seminar

Budi Utomo. S. 2001. Makalah:” Menuju Era Ekonomi Berkeadilan dan Bebas Bunga”. Disajikan dalam Seminar Potensi, Preferensi, dan Perilaku Masyarakat Terhadap Bank Syariah. Bank Indonesia. Jakarta.

k.      Artikel yang diakses dariweb

Morrison, D.M. & Mokashi K. & Cotter, K. 2006.Instructional quality indicators: Research foundations. Cambrigde University. Diunduh darii www.co.nect.netpada tanggal 17 Maret 2015

l.        Skripsi yang tidak diterbitkan

Nurjanah. 2003. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Mengajar Guru IPS SD KecamatanKutoarjo. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.


7.   Kesesuaian antara sumber yang diacu dan isi daftar pustaka
a.       Setiap sumber yang diacu dalam bagian isi skripsi harus dicantumkan di dalam Daftar Pustaka.
b.       Acuan yang tidak disebutkan di dalam isi skripsi tidak boleh dicantumkan di dalam Daftar Pustaka.


LAMPIRAN

CONTOH-CONTOH
Contoh 1:  Sampul usulan skripsi

USULAN SKRIPSI


PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN
DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI
GURU SMK MUHAMMADIYAH
SEKABUPATEN PURWOREJO



Diajukan dalam rangka penyusunan skripsi








Oleh

Siti Nurjanah

NIM ...............................




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

2015
Contoh 2: Halaman persetujuan usulan skripsi

USULAN SKRIPSI


1.       a.   Judul Skripsi            : Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Mengajar
terhadap Kompetensi Guru SMK Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworejo
        b.     Bidang Ilmu            : Pendidikan           
2.       Pengusul
a.  Nama                          : Siti Nurjanah
b.  NIM                            : ...........................
c.  Program Studi            : Pendidikan Teknik Otomotif
d.  Fakultas                     : Keguruan dan Ilmu Pendidikan       
3.       Pembimbing I
a.  Nama                          : Dr. Teguh Budiman
b.  NIDN                          : .....................................
c.  Jabatan Akademik   : Lektor Kepala
4.       Pembimbing II
a.  Nama                          : Anita Rianawati, M.Pd.
b.  NIDN                          : .....................................
c.  Jabatan Akademik   : Lektor
5.       Lokasi Penelitian            : SMK Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworejo
6.       Lama Penelitian             : Empat  bulan

              Purworejo, 13 Maret 2015
                                Menyetujui                                                                   
               Pembimbing I,                 Pembimbing II,                      Pengusul,


Dr. Teguh Budiman        Anita Rianawati, M.Pd.      Siti Nurjanah
NIDN.............                 NIDN .................                   NIM ............

Mengetahui
Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif,


Dr. Hartomo, M.Pd.
NIDN ...........
Contoh 3: Halaman judul/sampul depan skripsi

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI GURU SMK MUHAMMADIYAH
SEKABUPATEN PURWOREJO

 




SKRIPSI
Disusun sebagai salah satu syarat
untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan





                                                   








Oleh

Siti Nurjanah

NIM ............




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

2015
Contoh 4: Lembar persetujuan skripsi


PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR
TERHADAP KOMPETENSI GURU SMK MUHAMMADIYAH
SEKABUPATEN PURWOREJO

 



Oleh

Siti Nurjanah

NIM ..............



Skripsi ini telah disetujui untuk dipertahankan
di depan Tim Penguji Skripsi



Menyetujui

   Pembimbing I,                                                         Pembimbing II,



Dr. Teguh Budiman                              Anita Rianawati, M.Pd.
NIDN……….                                      NIDN …………


Mengetahui
Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif,




Dr. Hartomo, M.Pd.
NIDN.........

Contoh 5: Halaman pengesahan skripsi

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR
TERHADAP KOMPETENSI GURU SMK MUHAMMADIYAH
SE KABUPATEN PURWOREJO

Oleh

Siti Nurjanah

NIM 092210250

Skripsi ini telah dipertahankan di depan TimPenguji Skripsi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Pada tanggal: ……….


TIM PENGUJI



………………………….                                                         ……………………….
(Penguji Utama)


…………………………                                                          .....................................
(Penguji I/Pembimbing I)


…………………………                                                          ………………………
(Penguji II/Pembimbing II)                         


.                                                                                                                    
Purworejo,………….........................
Mengetahui
Dekan FKIP,


Dr. Nadiyanto
NIDN ........

Contoh 6: Halaman pernyataan keaslian skripsi

PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama mahasiswa    : Siti Nurjanah
NIM                       :  .....................
Program Studi        : Pendidikan Teknik Otomotif
menyatakan bahwa yang tertulis di dalam skripsi ini benar-benar hasil karya sendiri, bukan plagiat karya orang lain, baik sebagian maupun seluruhnya. Pendapat atau temuan orang lain yang terdapat dalam skripsi ini dikutip atau dirujuk berdasarkan kode etik ilmiah.

Apabila terbukti/dapat dibuktikan bahwa skripsi ini adalah hasil plagiat, saya bersedia bertanggung jawab secara hukum yang diperkarakan oleh Universitas Muhammadiyah Purworejo.

                                                                                                                                                         Purworejo, 12 Agustus2015
        
                                                         Yang membuat pernyataan,


                                                                                                                                                         Siti Nurjanah














Contoh 7: Prakata skripsi

PRAKATA


Alhamdulillah, puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Swt. atas  limpahan rahmat, karunia, dan hidayah-Nya sehingga skripsi yang berjudul “Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Guru SMK Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworejo.” ini dapat diselesaikan.
Keberhasilan penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penyusun menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1.       Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo ................
2.       Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo yang telah memberikan izin dan rekomendasi kepada penyusun mengadakan penelitian untuk penyusunan skripsi ini.
3.       Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, yang telah memberikan perhatian dan dorongan sehingga penyusun dapat menyelesaikan skripsi ini.
4.       Dr. Teguh Budiman selaku pembimbing I dan Anita Rianawati M.Pd. selaku pembimbing II yang telah banyak membimbing, mengarahkan, memotivasi dengan penuh kesabaran dan tidak mengenal lelah, serta mengoreksi skripsi ini dengan penuh ketelitian sehingga penyusun dapat menyelesaikan skripsi ini.
5.       Kepala SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo beserta staf yang telah memberikan izin dan kemudahan dalam penelitian.
6.       Berbagai pihak yang telah memberikan motivasi dan semangat kepada penyusun dalam menyelesaikan studi di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif ini.
Penyusun hanya dapat berdoa semoga Allah Swt. memberikan balasan yang berlipat ganda atas budi baik yang telah diberikan. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi penyusun khususnya dan para pembaca umumnya.

                                                            Purworejo, 12 Agustus 2015
Penyusun,

              Siti Nurjanah


Contoh 8: Abstrak
ABSTRAK
Siti Nurjanah.Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Guru SMK Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworejo. Skripsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) tingkat kompetensi guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo dan (2) sumbangan tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo.
Populasi penelitian semua guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo berjumlah 96 orang.Sampel penelitian berjumlah 70 orang, ditentukan dengan berpedoman pada tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%.Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data mengggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kompetensi  guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo: 17,5 % tergolong tinggi, 65% tergolong cukup, dan 17,5% tergolong kurang. Berdasarkan perhitungan korelasi parsial menunjukkan bahwa: (1) tingkat pendidikan guru memberi sumbangan sebesar 17,58% (ry1..2 = 0,4193; sig< 0,05) terhadap kompetensi guru SMK Muhammadiyah se- Kabupaten Purworejo, (3) pengalaman mengajar memberi sumbangan positif sebesar 26,2% (ry2.1 = 0,5119; sig< 0,05) terhadap kompetensi guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo. Hasil analisis korelasi ganda mengungkapkan ada sumbangan positif yang signifikan secara bersama-sama dari tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar sebesar 41,6 % (R = 0,645; F = 13,155; sig < 0,05) terhadap kompetensi guru SMK Muhammadiyah se- Kabupaten Purworejo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum kompetensi guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo termasuk kategori cukup baik. Terdapat sumbangan yang berarti, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri dari tingkat pendidikan dan  pengalaman mengajar terhadap kompetensi  guru SMK Muhammadiyah se- Kabupaten Purworejo.

Katakunci :pengalaman mengajar, kompetensi guru



Contoh 9: Daftar isi skripsi

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………..
HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………….
PERNYATAAN ……………………………………………………………….
PRAKATA………………………………………………………
ABSTRAK …………………………………………………………………….
DAFTAR ISI .............................................................................................
DAFTAR TABEL…………………………………………………………….
DAFTAR GAMBAR………………………………………………………….
DAFTAR LAMPIRAN………………………………………………………
BAB I     PENDAHULUAN………………………………………………….
A.      Latar Belakang Masalah………………………………………
B.      Identifikasi Masalah………………………………………….
C.      Batasan Masalah…………………………………………
D.      Rumusan Masalah………………………………………….
E.       Tujuan Penelitian…………………………………………….
F.       Manfaat Penelitian……………………………………………
BAB II   KAJIAN TEORI, TINJAUAN PUSTAKA, DAN HIPOTESIS ........
A.      Kajian Teori...…………………………………………………
B.      Tinjauan Pustaka ……………………………………………...
C.      Hipotesis……………………………………………………......
BAB III METODE PENELITIAN…………………………………………..
A.      Desain Penelitian
B.      Tempat dan Waktu Penelitian .....................................................
C.      Populasi dan Sampel Penelitian ..................................................
D.      Variabel Penelitian ......................................................................
E.       Definisi Operasional ....................................................................
F.       Pengumpulan Data ......................................................................
G.      Instrumen Penelitian ....................................................................
H.      Analisis Data ...............................................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ..................................
A.      Deskripsi Data .............................................................................
1.    Tingkat Pendidikan Guru .......................................................
2.    Pengalaman Mengajar Guru. .................................................
3.    Kompetensi Mengajar Guru ..................................................
B.      Analisis Data ......... .....................................................................
C.      Pembahasan Hasil Penelitian ......................................................
BAB V   PENUTUP ...........................................................................................
A.      Simpulan .....................................................................................
B.      Saran-saran ..................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................
LAMPIRAN .......................................................................................................

Halaman
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
ix
1
1
3
4
5
6
7
8
8
10
15
16
16
16
17
17
18
18
19
19
21
21
25
28
30
35
40
80
80
91
92
100

                                               


































Contoh 10: Daftar Tabel

DAFTAR TABEL
                                                                                                                                                    Halaman
Tabel 1.       Distribusi Frekuensi Pengalaman  Mengajar Guru SMK ...........................   19
Tabel 2.       Distribusi Tingkat Pendidikan Guru SMK .................................................    25
Tabel 3.       Distribusi Pengalaman Mengajar Guru SMK ..............................................   27
Tabel 4.       Distribusi Kompetensi Guru SMK......……….............................................   29

DAFTAR GAMBAR                                                                                                                         Halaman
Gambar 1.     Diagram Lingkaran Distribusi Guru SMK ......…………..........……........20
Gambar 2.     Diagram Batang Tingkat PendidikanGuru SMK........................................  30


DAFTAR SIMBOL
Simbol  1        β  = koefisien muai ruang
Simbol  2       Ω = resistansi material
Simbol 3         µ  = koefisien gesek

DAFTAR LAMPIRAN                                                                                                     Halaman
Lampiran 1.     Instrumen Penelitian…………………….......................................39
Lampiran 2.     Validitas dan Reliabilitas Instrumen………………… ..................46
Lampiran 3.     Rekapitulisasi Data Penelitian……………………........................50
Lampiran 4.     Analisis Korelasi Parsial……………………….…........................53
Lampiran 5.     Analisis Korelasi Ganda……………………………......................54
Lampiran 6.     Surat Izin Penelitian……………………………….......................55







Contoh 11: Format Tabel dan Gambar

Berdasarkan angket yang dikumpulkan, pengalaman mengajar diperoleh data sebagai berikut: skor terendah 1 dan skor tertinggi 32 dengan rerata sebesar 12,98 dan simpang baku sebesar 8,35.  Selanjutnya data tersebut disusun dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan diagram batang sebagai berikut :

Tabel 3
Distribusi Frekuensi Pengalaman Mengajar Guru
No.
Interval Skor
Kategori
Frekuensi
Persentase (%)
1
25 – 32
Tinggi
2
5
2
17 – 24
Cukup
12
30
3
9 – 16
Kurang
11
27,5
4
1 – 8
Rendah
15
37,5
Jumlah
40
100
Sumber: Data Primer
 














Gambar 3.  Diagram Batang Pengalaman Mengajar Guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo




Contoh 12: Kutipan Langsung

Arikunto, Suharsimi (2008:291) mendefinisikan program sebagai suatu kegiatan yang direncanakan dengan saksama. Tayibnapis, Farida Yusuf (2000:9) mengartikan program sebagai segala sesuatu yang dicobalakukan seseorang dengan harapan akan mendatangkan hasil atau pengaruh. Dalam buku ini, program diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang direncanakan dengan saksama dan dalam pelaksanaannya berlangsung dalam proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan banyak orang.

Evaluasi memiliki makna yang berbeda dengan penilaian, pengukuran maupun tes. Stufflebeam dan Shinkfield (1985: 159) menyatakan bahwa:
Evaluation is the process of delineating, obtaining, and providing descriptive and judgmental information about the worth and merit of some object’s goals, design, implementation, and impact in order to guide decision making, serve needs for accountability, and promote understanding of the involved phenomena.

Pengukuran, penilaian dan evaluasi bersifat hirearki.Evaluasi didahului dengan penilaian (assessment), sedangkan penilaian didahului dengan pengukuran. Pengukuran diartikan sebagai kegiatan membandingkan hasil pengamatan dengan kriteria, penilaian (assessment) merupakan kegiatan menafsirkan dan mendeskripsikan hasil pengukuran, sedangkan evaluasi merupakan penetapan nilai atau implikasi perilaku

Contoh 13 :KutipanTidak Langsung
Finoza (2002: 184) menjelaskan bahwa mengarang merupakan pekerjaan merangkai kata, kalimat, dan alinea dalam rangka menjabarkan dan atau mengulas topik dan tema tertentu untuk memperoleh hasil akhir berupa karangan.


Contoh 14: Tipografi Penyusunan Bab, Subbab, Anak Subbab, dst.

BAB II. KAJIAN TEORI,TINJAUAN PUSTAKA,DAN HIPOTESIS
A.      Kajian Teori
1.       Pengertian Paragraf
2.       Syarat-Syarat Paragraf yang Baik
a.    Kesatuan Gagasan Utama
b.   Kepaduan
1)       Gramatikal
a)       Penggantian
(1)    Pronomina Persona
(a)     Personal Pertama
(b)    Personal Kedua
(c)     Personal Ketiga
(2)    Pronomina Penunjuk
(a)     Umum
(b)    Hal
(c)     Tempat
b)       Pelepasan
c)       Perangkaian
d)       Penunjukan
2)       Leksikal
c.    Kelengkapan
B.      Tinjauan Pustaka
C.      Kerangka Pikir
D.      Hipotesis


Contoh 15 : Kartu Bimbingan Skripsi

KARTU BIMBINGAN SKRIPSI

Nama Mahasiswa     : Siti Nurjanah
NIM                             : 092210250
Program Studi       : Pendidikan Teknik Otomotif
Judul Skripsi         : Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Mengajar Guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Purworejo

No
Tanggal Konsultasi
Materi Konsultasi
Hasil Konsultasi
Paraf Pemb. I/II








































                                                                        Pembimbing I/II


.                            
..............................
Catatan:
Dibuat 2 lembar, 1 lembar untuk pembimbing I, 1 lembar untuk pembimbing II







Post Title : Cara Membuat Proposal Terbaru Lengkap

Cara Membuat Proposal Terbaru Lengkap,

Cara Membuat Proposal Terbaru Lengkap

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Categories

Label

ab 123 (2) agakara (1) Agribisnis (9) AIK (4) bab 1 pendahuluan (1) bab 3 dalam penelitian (1) bab 3 dalam proposal (1) Bahasa Indonesia (5) Bahasa Jawa (1) budidaya (1) bunga mawar (2) cabai hijau (1) cabai rawit (1) cabe hijau (1) cabe rawit (1) cara membuat proposal (1) cara membuat skripsi (1) cara tanam (1) cilantro (1) contoh bab 123 proposal (1) contoh bab 123 skripsi (2) contoh bab 2 dalam KTI (1) contoh bab 2 dalam makalah (1) contoh bab 2 dalam proposal (1) contoh bab 2 dalam skripsi (1) contoh bab 2 landasan teori (1) contoh bab 3 metode penelitian (1) contoh proposal (1) contoh skripsi (1) coriander (1) filsafat (1) geografi (1) hipotesis (1) IPA (1) ips (1) ÏPS (2) jenis sayuran (5) jurnal teori konflik (1) kajian kritis (1) kajian teori (1) kampus (1) karya ilmiah (1) Kewarganegaraan (1) Kewirausahaan (2) kkn (1) konflik pekerjaan keluarga (1) konsep dasar geografi (1) kualitatif (1) Kuisoner (2) labu duri (1) labu ular (1) latihan kata (1) Local Business (1) lombok hijau (1) magang (1) makalah (1) makalah geografi (1) Manajemen (3) MATEMATIKA (7) metode kuantitatif (1) metodologi penelitian (1) obat herbal (1) PAI Prodi (1) pancasila (1) panduan menanam (1) panduan proposal (1) panduan skripsi (1) PBSI (1) penelitian (1) perawatan tubuh (1) pertanian (1) pgsd (2) pohon kelor (1) ppl (1) Proposal Penelitian (1) Psikologi (3) RPP (3) RPS (1) sayuran kebun (6) Skripsi (2) soal ips dan jawaban (1) sopistikasi (1) submateri (1) surat biodata (1) surat domisili (1) surat ijin orang tua (1) surat ijin polisi (1) surat keterangan bersih diri (1) surat keterangan miskin (1) surat pernyataan miskin (1) tanaman bit (1) tanaman gambas (1) tanaman herbal (1) tanaman hias (4) tanaman kelor (1) tanaman ketumbar (1) tanaman labu (2) tanaman musim kemarau (1) tanaman oyong (1) tanaman terong (1) tanaman toga (1) tanaman tropis (1) teks anekdot (1) teori konflik (1) tips berkebun (6) tips bertanam (5) tugas akhir (1) tugas individu (1)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel