Contoh PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI (3 sks)

asd

 

OUTLINE MATAKULIAH

PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI (3 sks)

Semester Gasal September 2020-Januari 2021

 

Pengantar

Ø Dosen                      : Prawidya Lestari, M.Pd.I

Ø Prodi                        : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Ø Jadwal                     : 3 (Pagi), Rabu pukul 09.0010.30 wib

  3 (Siang), Rabu pukul 13.30 – 15.10 wib

 

1.    ARTI PENTING MATAKULIAH

Mata kuliah Perencanaan dan Desain Pembelajaran PAI merupakan mata kuliah profesi keguruan yang diberikan kepada mahasiswa Prodi PAI pada semester III (Tiga). Mata kuliah Perencanaan dan Desain Pembelajaran PAI satu diantara mata kuliah dengan kode MKSK yakni Mata Kuliah Standar Kompetensi Prodi PAI serta menjadi salah satu mata kuliah pedagogik sebagai syarat mahasiswa mengikuti kegiatan magang di Sekolah/Madrasah.

Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai konsep dasar perencanaan pembelajaran meliputi pengertian perencanaan, hakikat pembelajaran dan komponen-komponen pembelajaran, desain perencanaan pembelajaran meliputi desain kompetensi, desain materi, desain metode dan desain evaluasi, dan jenis administrasi dalam perencanaan pembelajaran PAI di sekolah meliputi kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, KKM, RPP dan penilaian. Capaian pembelajaran lulusan mata kuliah ini berupa fortofolio yang berisikan administrasi perencanaan pembelajaran khususnya mahasiswa menghasilkan RPP yang memiliki nilai kreatif dan inovatif.. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran adalah pendekatan scientific serta menggunakan metode pembelajaran active learning.

 

 

2.    KOMPETENSI / HASIL BELAJAR

a.       Capaian Pembelajaran Lulusan

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran PAI dan penyelesaian masalah pembelajaran menggunakan desain pembelajaran yang kreatif dan inovatif hasil mini research dalam sebuah fortofolio sejumlah minimal 50 halaman yang disusun secara sistematis.

 

b.      Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Pembelajaran (KAATP)

1.    Pengantar Perencanaan dan Desain Pembelajaran PAI

Mahasiswa mampu menganalisis pengertian perencanaan menurut para ahli, pengertian pembelajaran, tujuan perencanaan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.

2.    Administrasi perencanaan pembelajaran

Mahasiswa mengadakan mini research ke sekolah tentang administrasi perencanaan pembelajaran.

3.    Desain Pembelajaran

Mahasiswa mampu menguraikan dan mengembangkan konsep desain pembelajaran melalui desain kompetensi, desain materi, desain metode, dan desain evaluasi pembelajaran berdasarkan peraturan pembelajaran dalam Permendikbud No. 20, 21, 22 dan 23 Tahun 2016 serta Permendikbud No. 24 Tahun 2016 dan KMA No. 38 Tahun 2019.

4.    Langkah-langkah penyusunan administrasi perencanaan pembelajaran

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran (alokasi waktu, program tahunan, program semester, silabus dan RPP) melalui langkah-langkah yang sistematis dan desain pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

3.    BUKU TEKS

1)      Wina Sanjayaa, 2006, Sistem dan Desain Pembelajaran, Yogyakarta: Mitra Pustaka

2)      MGMP Guru PAI Kabupaten Purworejo

3)      Ali, M. (2000). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

4)      Beck & Murphy. (1996). The Four Imperatives of a Successful School. California. Corwin Press.

5)      Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : B.P. Dharma Bhakti.

6)      Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

7)      Engkoswara. (1987). Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta : Dirjen, Depdikbud.

8)      Fatah, Nanang. (2001). Landsan Manajemen Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakrya.

9)      ___________. (2003). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekoalah. Bandung : Pustaka Banio Quraisy.

10)   Holmes & Wyne. (1989). Making The School an Effective Community. California : The Falmer Press.

11)   Ibrahim, R. Dan Syaodih. (2003). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

12)   Lipham, James & James Hoek Jr. (1974). The Principalship, Fondation, and Functions. New York : Harper & Row Publisher.

13)   Morrill, et.all. (1980). Dimensions of Intervention for Student Development. Canada : John Wile and Sons. Inc.

14)   Munthe Bermawi, (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani

15)   Pidarta, Made. (1990). Perencanaan Pendidikan Partisipatori Dengan Pendekatan Sistem. Jakarta : Rineka Cipta.

16)   Preedy, Margaret. (1993). Managing The Effictive Scool. London : Paul Chapman Publishing Ltd.

17)   Suharsimi. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

18)   Steers, Richard. M. (1985). Organizational Effectiveness A behavioral View. Alih bahasa oleh Madalena Jamin. Jakarta : Erlangga.

19)   Tilar. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta.

20)   _____. (2003). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

21)   Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan. (2001). Pengantar Pengelolaan Pendidikan. Bandung : UPI.

 

4.    STRATEGI PEMBELAJARAN

Untuk mencapai kompetensi atau hasil belajar, kuliah ini menggunakan strategi pembelajaran aktif, Student Centered Learning, High Class Participatin dan High Class Cooperation.

 

 

 

5.    RENCANA ALOKASI WAKTU PERKULIAHAN 

 

No

Pertemuan Ke

Materi

1

1

Kontrak belajar dan penyerahan Outline Mata Kuliah

2

2

Pengertian perencanaan dan pembelajaran, pentingnya perencanaan pembelajaran, kriteria perencanaan yang baik dan desain pembelajaran

3

3

Jenis dan contoh Administrasi Pembelajaran (Kaldik, Prota, Promes, Silabus, RPP) lihat permendikbud no 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan

4

4

Menghitung alokasi waktu (minggu efektif dan minggu tdk efektif) melalui kaldik

5

5

SGD

6

6

Menyusun Program Tahunan

7

7

SGD

8

8

Menyusun Program Semester

9

9

SGD

10

10

Menyusun Silabus

11

11

SGD

12

12

SGD

13

13

Desain Kompetensi (Permendikbud No. 24 tahun 2016 tentang KI dan KD dan KMA No. 38 Tahun 2019).

14

14

UTS

15

15

Desain materi dan metode pembelajaran

16

16

Desain evaluasi pembelajaran

17

17

Menyusun RPP tingkat SMA/SMK/MA

18

18

SGD

19

19

Menyusun RPP tingkat SMP/MTs

20

20

SGD

21

21

Menyusun RPP tingkat SD/MI

22

22

Pendalaman materi melalui diskusi fortofolio

23

23

UAS

 

 

6.    EVALUASI PROSES DAN PRODUK BELAJAR

No

Asigments

Bobot

Due time

1

Satu Portofolio:

1)    Materi Fakta dan analisisnya

2)    Materi Konsep dan evaluasinya

3)    Materi Prinsip dan analisisnya

4)    Materi Prosedur dan implementasinya

50 %

Sepekan setelah diskusi topik

2

Tugas Kelompok dan Mandiri,

15 %

 

3

Tugas Mandiri   

15 %

4

Partisipasi kelas: persiapan, pertanyaan dan atau komentar.

20 %

 

 

Total

100%

 

 

 

7.    DESKREPSI TUGAS TUGAS

  1. Keaktifan kelas: Anda diharapkan aktif terlibat memberikan kontribusi pemikiran baik berupa pertanyaan maupum komentar dalam suasana bebas resiko (free risk environment).
  2. Tugas kelompok adalah penyusunan laporan mini research serta presentasi secara kelompok.
  3. Tugas individu adalah hasil analisis terhadap pembahasan yang diberikan dosen disetiap tatap muka.
  4. Portofolio yaitu terdiri dari kumpulan dokumen terdiri dari outline perkuliahan, handout mata kuliah dan laporan mini research peserta didik sejumlah 50 halaman.

 

8.    SARAN-SARAN

Agar Sukses menjalani Perkuliahan Perencanaan dan Desain Pembelajaran PAI maka Anda perlu:

a.       Memperdalam materi dengan gemar membaca

b.       Mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh dan teratur

c.       Aktif dalam proses perkuliahan

d.       Melakukan pengamatan/observasi di sekolah/madrasah

e.       Problem solving terhadap masalah-masalah pendidikan

f.         Kelengkapan dan keakuratan fortofolio

 

9.    STANDAR DAN KRITERIA PORTOFOLIO

 

    No.

   STANDAR

KRITERIA

 

 

1

 

75

65

55

KELENGKAPAN  DOKUMEN

Memuat Empat materi pokok secara komplit sesuai check list

 

Memuat Empat materi pokok secara komplit sesuai check list akan tetapi kurang lengkap

Memuat Tiga materi pokok secara komplit akan tetapi kurang lengkap

 

 

 

2

 

25

20

15

AKURASI DOKUMEN

Keserasian antar elemen desain matakuliah atau mata pelajaran

 

Kurang keserasian antar elemen desain matakuliah atau mata pelajaran

Tidak ada keserasian antar elemen desain matakuliah atau mata pelajaran

 

 

3

 

10

Urutan dan kerapihan Penyusunan Fortofolio

 

 

 

 

 

10. STANDAR DAN KRITERI PENILAIAN MAKALAH: KRITIK TEKS

 

NILAI

UNSUR dan KRITERIA

(15 %)

5

4

3

2

1

Pendahuluan

Mengungkapkan secara jelas isu-isu pokok dan perspektif yang menjawab pertanyaan.

Lebih lemah dari versi 5

Pendahuluan terlalu panjang. Kerangka fikir diungkapkan tetapi tidak jelas

Lebih lemah dari versi 3

Sedikit atau tidak ada usaha deskripsi kerangka fikir dalam pendahuluan atau deskripsi.

(50 %)

5

4

3

2

1

 

Kualitas Argumen

Mengembangkan argumen logis, ide yang relevan dengan bukti yang jelas.

Lebih lemah dari versi 5

Beberapa aspek argumen dan penggunaan bukti-bukti lemah

Lebih lemah dari versi 3

Kelemahan terbesar dalam argumen dan penggunaan bukti atau tidak ada argumen.

(20 %)

5

4

3

2

1

Penggunaan Bukti-Bukti

Menggunakan bukti-bukti. Memperlihatkan hubungan antara bukti dan kerangka fikir

Lebih lemah dari versi 5

Beberapa pencantuman materi yang tidak relevan.

Lebih lemah dari versi 3

Kebanyakan materi tidak relevan

(5 %)

5

4

3

2

1

Presentasi

Penggunaan bahasa yang efektif dan benar. Referensi tepat. Jelas

Lebih lemah dari versi 5

Beberapa kesalahan kecil dalam tatabahasa, sintaksis dan pengacuan. Cukup jelas

Lebih lemah dari versi 3

Banyak kesalahan. Tidak jelas

 

(10 %)

5

4

3

2

1

Kesimpulan

Menggambarkan uraian argumen. yang koheren terhadap pertanyaan

Lebih lemah dari versi 5

Kesimpulan jelas berdasarkan argumen dan bukti-bukti yang disajikan

Lebih lemah dari versi 3

Sedikit/tidak ada kesimpulan/tidak berdasarkan argumen dan bukti dalam makalah

 

 

 

 

Komentar

 

 

 

Post Title : Contoh PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI (3 sks)

Contoh PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI (3 sks),

Contoh PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI (3 sks)

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Categories

Label

ab 123 (2) agakara (1) Agribisnis (9) AIK (4) bab 1 pendahuluan (1) bab 3 dalam penelitian (1) bab 3 dalam proposal (1) Bahasa Indonesia (5) Bahasa Jawa (1) budidaya (1) bunga mawar (2) cabai hijau (1) cabai rawit (1) cabe hijau (1) cabe rawit (1) cara membuat proposal (1) cara membuat skripsi (1) cara tanam (1) cilantro (1) contoh bab 123 proposal (1) contoh bab 123 skripsi (2) contoh bab 2 dalam KTI (1) contoh bab 2 dalam makalah (1) contoh bab 2 dalam proposal (1) contoh bab 2 dalam skripsi (1) contoh bab 2 landasan teori (1) contoh bab 3 metode penelitian (1) contoh proposal (1) contoh skripsi (1) coriander (1) filsafat (1) geografi (1) hipotesis (1) IPA (1) ips (1) ÏPS (2) jenis sayuran (5) jurnal teori konflik (1) kajian kritis (1) kajian teori (1) kampus (1) karya ilmiah (1) Kewarganegaraan (1) Kewirausahaan (2) kkn (1) konflik pekerjaan keluarga (1) konsep dasar geografi (1) kualitatif (1) Kuisoner (2) labu duri (1) labu ular (1) latihan kata (1) Local Business (1) lombok hijau (1) magang (1) makalah (1) makalah geografi (1) Manajemen (3) MATEMATIKA (7) metode kuantitatif (1) metodologi penelitian (1) obat herbal (1) PAI Prodi (1) pancasila (1) panduan menanam (1) panduan proposal (1) panduan skripsi (1) PBSI (1) penelitian (1) perawatan tubuh (1) pertanian (1) pgsd (2) pohon kelor (1) ppl (1) Proposal Penelitian (1) Psikologi (3) RPP (3) RPS (1) sayuran kebun (6) Skripsi (2) soal ips dan jawaban (1) sopistikasi (1) submateri (1) surat biodata (1) surat domisili (1) surat ijin orang tua (1) surat ijin polisi (1) surat keterangan bersih diri (1) surat keterangan miskin (1) surat pernyataan miskin (1) tanaman bit (1) tanaman gambas (1) tanaman herbal (1) tanaman hias (4) tanaman kelor (1) tanaman ketumbar (1) tanaman labu (2) tanaman musim kemarau (1) tanaman oyong (1) tanaman terong (1) tanaman toga (1) tanaman tropis (1) teks anekdot (1) teori konflik (1) tips berkebun (6) tips bertanam (5) tugas akhir (1) tugas individu (1)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel