Contoh PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI (3 sks)
OUTLINE MATAKULIAH
PERENCANAAN DAN DESAIN
PEMBELAJARAN PAI (3 sks)
Semester Gasal September 2020-Januari 2021
Pengantar
Ø Dosen : Prawidya Lestari, M.Pd.I
Ø Prodi : Pendidikan Agama Islam
(PAI)
Ø Jadwal : 3 (Pagi), Rabu pukul 09.00 – 10.30 wib
3 (Siang),
Rabu
pukul 13.30
– 15.10
wib
1.
ARTI PENTING MATAKULIAH
Mata
kuliah Perencanaan dan Desain Pembelajaran PAI merupakan mata kuliah profesi keguruan
yang diberikan kepada mahasiswa Prodi PAI pada semester III (Tiga). Mata kuliah
Perencanaan dan Desain Pembelajaran PAI satu diantara mata kuliah dengan kode
MKSK yakni Mata Kuliah Standar Kompetensi Prodi PAI serta menjadi salah satu
mata kuliah pedagogik sebagai syarat mahasiswa mengikuti kegiatan magang di
Sekolah/Madrasah.
Dalam
perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai konsep dasar perencanaan
pembelajaran meliputi pengertian perencanaan, hakikat pembelajaran dan
komponen-komponen pembelajaran, desain perencanaan pembelajaran meliputi desain
kompetensi, desain materi, desain metode dan desain evaluasi, dan jenis
administrasi dalam perencanaan pembelajaran PAI di sekolah meliputi kalender
pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, KKM, RPP dan penilaian.
Capaian pembelajaran lulusan mata kuliah ini berupa fortofolio
yang berisikan administrasi perencanaan pembelajaran
khususnya mahasiswa menghasilkan RPP yang memiliki nilai kreatif dan inovatif.. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran adalah pendekatan scientific serta menggunakan metode
pembelajaran active learning.
2.
KOMPETENSI / HASIL BELAJAR
a.
Capaian Pembelajaran Lulusan
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran
PAI dan penyelesaian masalah pembelajaran menggunakan desain pembelajaran yang kreatif
dan inovatif hasil mini research dalam sebuah fortofolio sejumlah minimal 50 halaman yang disusun secara sistematis.
b.
Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Pembelajaran (KAATP)
1.
Pengantar Perencanaan dan Desain Pembelajaran PAI
Mahasiswa
mampu menganalisis pengertian perencanaan menurut para ahli, pengertian pembelajaran, tujuan
perencanaan pembelajaran, dan komponen-komponen pembelajaran.
2.
Administrasi perencanaan pembelajaran
Mahasiswa
mengadakan mini research ke sekolah tentang administrasi perencanaan pembelajaran.
3.
Desain Pembelajaran
Mahasiswa
mampu menguraikan dan mengembangkan konsep desain pembelajaran melalui
desain kompetensi, desain materi, desain metode, dan desain evaluasi
pembelajaran berdasarkan peraturan pembelajaran dalam Permendikbud No. 20, 21,
22 dan 23 Tahun 2016 serta Permendikbud No. 24 Tahun 2016 dan KMA No. 38 Tahun
2019.
4.
Langkah-langkah penyusunan administrasi perencanaan
pembelajaran
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran (alokasi waktu, program tahunan,
program semester, silabus dan RPP) melalui langkah-langkah yang sistematis dan desain
pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
3. BUKU TEKS
1)
Wina Sanjayaa, 2006, Sistem dan Desain Pembelajaran,
Yogyakarta: Mitra Pustaka
2)
MGMP Guru PAI Kabupaten Purworejo
3)
Ali, M. (2000). Guru dalam Proses
Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
4)
Beck & Murphy. (1996). The Four
Imperatives of a Successful School. California. Corwin Press.
5)
Depdiknas. (2003). Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta : B.P. Dharma Bhakti.
6)
Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
7)
Engkoswara. (1987). Dasar-Dasar
Administrasi Pendidikan. Jakarta : Dirjen, Depdikbud.
8)
Fatah, Nanang. (2001). Landsan Manajemen
Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakrya.
9)
___________. (2003). Konsep Manajemen
Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekoalah. Bandung : Pustaka Banio Quraisy.
10)
Holmes & Wyne. (1989). Making The
School an Effective Community. California : The Falmer Press.
11)
Ibrahim, R. Dan Syaodih. (2003).
Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
12)
Lipham, James & James Hoek Jr.
(1974). The Principalship, Fondation, and Functions. New York : Harper &
Row Publisher.
13)
Morrill, et.all. (1980). Dimensions of Intervention
for Student Development. Canada : John Wile and Sons. Inc.
14)
Munthe Bermawi, (2009). Desain
Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani
15)
Pidarta, Made. (1990). Perencanaan
Pendidikan Partisipatori Dengan Pendekatan Sistem. Jakarta : Rineka Cipta.
16)
Preedy, Margaret. (1993). Managing The
Effictive Scool. London : Paul Chapman Publishing Ltd.
17)
Suharsimi. (2003). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
18)
Steers, Richard. M. (1985).
Organizational Effectiveness A behavioral View. Alih bahasa oleh Madalena
Jamin. Jakarta : Erlangga.
19)
Tilar. (2000). Paradigma Baru Pendidikan
Nasional. Jakarta : Rineka Cipta.
20)
_____. (2003). Manajemen Pendidikan
Nasional. Bandung : Remaja Rosdakarya.
21)
Tim Dosen Jurusan Administrasi
Pendidikan. (2001). Pengantar Pengelolaan Pendidikan. Bandung : UPI.
4. STRATEGI PEMBELAJARAN
Untuk mencapai kompetensi atau hasil
belajar, kuliah ini menggunakan strategi pembelajaran aktif, Student Centered
Learning, High Class Participatin dan High Class
Cooperation.
5. RENCANA
ALOKASI WAKTU PERKULIAHAN
No |
Pertemuan
Ke |
Materi |
1 |
1 |
Kontrak belajar dan penyerahan Outline Mata Kuliah |
2 |
2 |
Pengertian perencanaan dan pembelajaran, pentingnya perencanaan pembelajaran, kriteria perencanaan yang baik dan desain pembelajaran |
3 |
3 |
Jenis dan contoh
Administrasi Pembelajaran (Kaldik, Prota, Promes, Silabus, RPP) lihat
permendikbud no 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan |
4 |
4 |
Menghitung
alokasi waktu (minggu efektif dan minggu tdk efektif) melalui kaldik |
5 |
5 |
SGD |
6 |
6 |
Menyusun Program
Tahunan |
7 |
7 |
SGD |
8 |
8 |
Menyusun Program
Semester |
9 |
9 |
SGD |
10 |
10 |
Menyusun Silabus |
11 |
11 |
SGD |
12 |
12 |
SGD |
13 |
13 |
Desain
Kompetensi (Permendikbud No. 24 tahun 2016 tentang KI dan KD dan KMA No. 38
Tahun 2019). |
14 |
14 |
UTS |
15 |
15 |
Desain materi dan
metode pembelajaran |
16 |
16 |
Desain evaluasi
pembelajaran |
17 |
17 |
Menyusun RPP
tingkat SMA/SMK/MA |
18 |
18 |
SGD |
19 |
19 |
Menyusun RPP
tingkat SMP/MTs |
20 |
20 |
SGD |
21 |
21 |
Menyusun RPP
tingkat SD/MI |
22 |
22 |
Pendalaman
materi melalui diskusi fortofolio |
23 |
23 |
UAS |
6. EVALUASI
PROSES DAN PRODUK BELAJAR
No |
Asigments |
Bobot |
Due time |
1 |
Satu
Portofolio: 1)
Materi
Fakta dan analisisnya 2)
Materi
Konsep dan evaluasinya 3)
Materi
Prinsip dan analisisnya 4)
Materi
Prosedur dan implementasinya |
50 % |
Sepekan setelah diskusi topik |
2 |
Tugas Kelompok dan Mandiri, |
15 % |
|
3 |
Tugas Mandiri |
15 % |
|
4 |
Partisipasi kelas: persiapan, pertanyaan dan atau komentar. |
20 % |
|
|
Total |
100% |
|
7. DESKREPSI
TUGAS TUGAS
- Keaktifan
kelas: Anda diharapkan aktif terlibat memberikan kontribusi pemikiran baik
berupa pertanyaan maupum komentar dalam suasana bebas resiko (free risk environment).
- Tugas
kelompok adalah penyusunan laporan mini
research serta presentasi secara kelompok.
- Tugas
individu adalah hasil analisis terhadap pembahasan yang diberikan dosen
disetiap tatap muka.
- Portofolio yaitu terdiri dari kumpulan dokumen
terdiri dari outline perkuliahan, handout mata kuliah dan laporan mini
research peserta didik sejumlah 50 halaman.
8. SARAN-SARAN
Agar Sukses
menjalani Perkuliahan Perencanaan dan Desain Pembelajaran PAI maka Anda
perlu:
a. Memperdalam materi dengan gemar membaca
b. Mengikuti perkuliahan dengan
sungguh-sungguh dan teratur
c. Aktif dalam proses perkuliahan
d. Melakukan pengamatan/observasi di sekolah/madrasah
e. Problem solving terhadap masalah-masalah
pendidikan
f.
Kelengkapan
dan keakuratan fortofolio
9. STANDAR DAN
KRITERIA PORTOFOLIO
No. |
STANDAR |
KRITERIA |
1 |
75 65 55 |
KELENGKAPAN DOKUMEN Memuat Empat materi pokok secara
komplit sesuai check list Memuat Empat materi pokok secara
komplit sesuai check list akan tetapi kurang lengkap Memuat Tiga materi pokok secara
komplit akan tetapi kurang lengkap |
2 |
25 20 15 |
AKURASI DOKUMEN Keserasian
antar elemen desain matakuliah atau mata pelajaran Kurang keserasian
antar elemen desain matakuliah atau mata pelajaran Tidak ada
keserasian antar elemen desain matakuliah atau mata pelajaran |
3 |
10 |
Urutan dan kerapihan Penyusunan Fortofolio
|
10. STANDAR DAN
KRITERI PENILAIAN MAKALAH: KRITIK TEKS
NILAI |
UNSUR
dan KRITERIA
|
(15 %) 5 4 3 2 1 |
Pendahuluan
Mengungkapkan
secara jelas isu-isu pokok dan perspektif yang menjawab pertanyaan. Lebih lemah dari versi 5 Pendahuluan terlalu panjang. Kerangka fikir
diungkapkan tetapi tidak jelas Lebih lemah dari versi 3 Sedikit atau tidak ada usaha deskripsi kerangka
fikir dalam pendahuluan atau deskripsi. |
(50 %) 5 4 3 2 1 |
Kualitas
Argumen
Mengembangkan
argumen logis, ide yang relevan dengan bukti yang jelas. Lebih lemah dari versi 5 Beberapa aspek argumen dan penggunaan bukti-bukti lemah Lebih lemah dari versi 3 Kelemahan terbesar dalam argumen dan penggunaan bukti atau tidak ada
argumen. |
(20 %) 5 4 3 2 1 |
Penggunaan
Bukti-Bukti
Menggunakan
bukti-bukti. Memperlihatkan hubungan
antara bukti dan kerangka fikir Lebih
lemah dari versi 5 Beberapa
pencantuman materi yang tidak relevan. Lebih
lemah dari versi 3 Kebanyakan
materi tidak relevan |
(5 %) 5 4 3 2 1 |
Presentasi
Penggunaan bahasa yang efektif dan benar. Referensi tepat. Jelas Lebih lemah dari versi 5 Beberapa kesalahan kecil dalam tatabahasa,
sintaksis dan pengacuan. Cukup jelas Lebih lemah dari versi 3 Banyak kesalahan. Tidak jelas |
(10 %) 5 4 3 2 1 |
Kesimpulan
Menggambarkan uraian argumen. yang koheren terhadap pertanyaan Lebih lemah dari versi 5 Kesimpulan jelas berdasarkan argumen dan bukti-bukti yang disajikan Lebih lemah dari versi 3 Sedikit/tidak ada kesimpulan/tidak berdasarkan argumen dan bukti
dalam makalah |
|
Komentar
|
0 comments
Post a Comment