contoh RPP Pelajaran Bahasa Indonesia

asd

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Sekolah                 : SMA N  1 KARANGANYAR

Program                : IPA/IPS

Kelas/Semester   : XII/Ganjil

Materi Pokok     : Teks Berita

 

Alokasi Waktu      :  4x45menit (2 pertemuan)

 

 

 

A.      KOMPETENSI INTI

1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.      Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 B.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KD 1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana.

KD 2.2 Mengkomunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks berita.

KD 3.3 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat berita mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan public.

KD 4.4 Membandingkan teks berita baik melalui lisan maupun tulisan.

 

KD 5.5 Memproduksi teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

 

Indikator :

 1.Mampu Memahami teks berita.

 2.Mampu Mengidentifikasi teks berita.

 3.Membedah Struktur teks berita.

 4.Mampu Membuat/Memproduksi teks berita.

 

C.TUJUAN PEMBELAJARAN

  Peserta didik di harapkan mampu:

 

  1. Mengkomunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks berita.
  2. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat berita mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan public.

3.      Membandingkan teks berita baik melalui lisan maupun tulisan.

 

  1. Memproduksi teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

 

D.KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Mengamati :

·         mendengarkan  teks berita.

·         mencermati uraian yang berkaitan dengan  unsur intrinsik teks berita yang dibaca.

  1. Menanyakan :

·         bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

  1. Mengeksplorasi :

·         mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks berita.

  1. Mengasosiasikan :

·         mendiskusikan unsur intrinsik teks berita yang dibaca.

·         menyimpulkan hal-hal terpenting dari unsur instrinsik  teks berita yang dibaca.

  1. Mengomunikasikan :

·         menuliskan laporan kerja kelompok tentang unsur intrinsik teks berita yang dibaca.

·         membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,siswa lain memberikan tanggapan.

·         memproduksi teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

 

E.MATERI PEMBELAJARAN.

  • Penentuan unsur intrinsik teks berita.
  • Karakteristik teks berita.

 

F.METODE PEMBELAJAN

  • Diskusi kelompok.
  • Tanya jawab,dan
  • Tugas

 

G.MEDIA DAN ALAT BELAJAR

 

  • Kertas karton.
  • Buku Referensi.
  • teks berita.
  • Internet.

 

H.STRATEGI/METODE KEGIATAN PEMBELAJARAN :

       COOPERATIVE SCRIPT

 

Langkah-langkah :

1.Guru membagi siswa untuk berpasangan.

2.Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.

3.Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.

4.Pembicara membacakan ringkasanya selengkap mungkin,dengan memasukan ide-ide pokok dalam ringkasanya.

Sementara pendengar :

 - Menyimak/mengoreksi/menunjukan ide-ide pokok yang kurang lengkap

 - Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainya.

5.Bertukar peran,semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya.Serta lalukakan seperti diatas.

6.Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru.

7.Penutup

 

 

 

 

 

 

I.KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan ke

Langkah-langkah

Alokasi waktu

Pertemuan ke 1

A. Kegiatan Pendahuluan:

1. Peserta didik merespon salam dan menjawab pertanyaan berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.

2. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan di laksanakan.

3. Peserta didik menerima infomasi kopetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan di laksanakan.

 

B. Kegiatan inti:

1. Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai unsur intrinsik teks berita.

2. Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang hal-hal yang berhubungan dengan teks berita.

3. Peserta didik membentuk kelompok yang di pandu oleh guru.

4. Dengan tanggung jawab, peduli, dan sopan peserta didik mendiskusikan teks berita.

5. Perwakilan dari kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi.

6. Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru.

 

 

C. Kegiatan Penutup:

1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.

2. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah di lakukan

3. Peserta didik menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru.

4. Peserta didik menyimak informasi yang tidak lanjut pembelajaran.

 

 

15 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

Pertemuan ke 2

A. Kegiatan Pendahuluan:

1. Peserta didik merespon salam dan menjawab pertanyaan berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.

2. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan di laksanakan.

3. Peserta didik menerima infomasi kopetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan di laksanakan.

 

B. Kegiatan inti:

1. Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang hal-hal yang berhubungan dengan teks berita.

2. Peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya.

3. Dengan sikap tanggung jawab peserta didik melihat dan mendengar teks berita.

4. Peserta didik secara berkelompok membedah struktur teks berita.

5. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja didepan kelas.

6. Peserta didik menyempurnakan kembali hasil kerja berdasarkan umpan balik dari guru.

7. Kelompok terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan peserta didik lain.

 

C. Kegiatan Penutup:

1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.

2. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah di lakukan

3. Peserta didik menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru.

4. Peserta didik menyimak informasi yang tidak lanjut pembelajaran.

 

20 menit

 

 

 

 

 

 

 

55 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

 

 

J. Penilaian.

No

Nama Siswa

Keterampilan Siswa Dalam Menyimak Dan Menyampaiakan Berita

Kelengkapan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Berita

Keaktifan Siswa

Skor

Nilai

Ket

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

  • Keterampilan Menyimak dan Menyampaikan

-          Skor 5 : Apabila Siswa menyimak dan menyampaikan unsur intrinsik berita dengan sangat lengkap

-          Skor 4 : Apabila Siswa menyimak dan menyampaikan unsur intrinsik berita dengan sangat lengkap tetapi kurang tepat.

-          Skor 3 : Apabila Siswa menyimak dan menyampaikan unsure intrinsic berita dengan lengkap

-          Skor 2 : Apabila Siswa menyimak dan menyampaikan unsure intrinsic berita dengan lengkap tetapi kurang tepat

-          Skor 1 : Apabila Siswa menyimak dan menyampaikan unsure intrinsic berita dengan tidak lengkap dan tidak tepat.

  • Kelengkapan siswa dalam mengerjakan soal berita

-          Skor 5 : Apabila Siswa menjawab soal berita dengan sangat lengkap dan tepat.

-          Skor 4 : Apabila Siswa menjawab soal berita dengan sangat lengkap tetapi kurang tepat.

-          Skor 3 : Apabila Siswa mengerjakan soal berita dengan lengkap.

-          Skor 2 : Apabila Siswa mengerjakan soal berita dengan lengkap tetapi kurang tepat.

-          Skor 1 : Apabila Siswa mengerjakan soal berita dengan tidak tepat.

 

  • Keaktifan Siswa

-          Skor 5 : Apabila Siswa memperhatikan dan aktif bertanya dikelas.

-          Skor 4 : Apabila Siswa memperhatikan tetapi jarang bertanya dikelas.

-          Skor 3 : Apabila Siswa Sekedar memperhatikan dikelas.

-          Skor 2 : Apabila Siswa kadang-kadang memperhatikan.

-          Skor 1 : Apabila Siswa tidak pernah memperhatikan dikelas.

 

 

 

 

 

 

MENGETAHUI

 

KEPALA SMA N 1 KARANGANYAR                                                Guru Pendamping

 

 

 

 

NIP:...............................................                                                           NIP :...............................

 

 

 

 

Post Title : contoh RPP Pelajaran Bahasa Indonesia

contoh RPP Pelajaran Bahasa Indonesia,

contoh RPP Pelajaran Bahasa Indonesia

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Categories

Label

ab 123 (2) agakara (1) Agribisnis (9) AIK (4) bab 1 pendahuluan (1) bab 3 dalam penelitian (1) bab 3 dalam proposal (1) Bahasa Indonesia (5) Bahasa Jawa (1) budidaya (1) bunga mawar (2) cabai hijau (1) cabai rawit (1) cabe hijau (1) cabe rawit (1) cara membuat proposal (1) cara membuat skripsi (1) cara tanam (1) cilantro (1) contoh bab 123 proposal (1) contoh bab 123 skripsi (2) contoh bab 2 dalam KTI (1) contoh bab 2 dalam makalah (1) contoh bab 2 dalam proposal (1) contoh bab 2 dalam skripsi (1) contoh bab 2 landasan teori (1) contoh bab 3 metode penelitian (1) contoh proposal (1) contoh skripsi (1) coriander (1) filsafat (1) geografi (1) hipotesis (1) IPA (1) ips (1) ÏPS (2) jenis sayuran (5) jurnal teori konflik (1) kajian kritis (1) kajian teori (1) kampus (1) karya ilmiah (1) Kewarganegaraan (1) Kewirausahaan (2) kkn (1) konflik pekerjaan keluarga (1) konsep dasar geografi (1) kualitatif (1) Kuisoner (2) labu duri (1) labu ular (1) latihan kata (1) Local Business (1) lombok hijau (1) magang (1) makalah (1) makalah geografi (1) Manajemen (3) MATEMATIKA (7) metode kuantitatif (1) metodologi penelitian (1) obat herbal (1) PAI Prodi (1) pancasila (1) panduan menanam (1) panduan proposal (1) panduan skripsi (1) PBSI (1) penelitian (1) perawatan tubuh (1) pertanian (1) pgsd (2) pohon kelor (1) ppl (1) Proposal Penelitian (1) Psikologi (3) RPP (3) RPS (1) sayuran kebun (6) Skripsi (2) soal ips dan jawaban (1) sopistikasi (1) submateri (1) surat biodata (1) surat domisili (1) surat ijin orang tua (1) surat ijin polisi (1) surat keterangan bersih diri (1) surat keterangan miskin (1) surat pernyataan miskin (1) tanaman bit (1) tanaman gambas (1) tanaman herbal (1) tanaman hias (4) tanaman kelor (1) tanaman ketumbar (1) tanaman labu (2) tanaman musim kemarau (1) tanaman oyong (1) tanaman terong (1) tanaman toga (1) tanaman tropis (1) teks anekdot (1) teori konflik (1) tips berkebun (6) tips bertanam (5) tugas akhir (1) tugas individu (1)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel